sign up SIGN UP search


moms-life

5 Hal Penting dalam Merawat Tanaman Hias Aglaonema

Azhaar Savira Minggu, 10 Jan 2021 10:41 WIB
Aglaonema Maria houseplant cuttings in a red glass vase in front of a white wall, Chinese Evergreen caption
Jakarta -

Aglaonema sudah lama digemari para pencinta tanaman hias. Buat Bunda yang baru memulai hobi tanaman hias, rasanya kurang lengkap kalau belum punya aglaonema.

Tanaman hias ini aslinya berasal dari China dan Filipina. Dikutip dari Epic Gardening, tanaman hias aglaonema disebut juga Chinese evergreen, yang diyakini bikin beruntung.

Ada 21-41 spesies tanaman hias aglaonema. Umumnya tanaman hias aglaonema ini memiliki daun hijau, dengan kombinasi warna putih hingga merah muda.


Nah, buat Bunda yang ingin merawat tanaman hias aglaonema, tak terlalu sulit kok. Namun agar bisa tumbuh subur, ada sejumlah hal penting yang harus diperhatikan.

Dilansir Leafy Place, berikut ini 5 hal penting dalam merawat tanaman hias aglaonema.

1. Media tanam

Jika ingin mendapatkan hasil yang sempurna, Bunda perlu menanam tanaman hias aglaonema pada pot dengan media tanah yang ringan, memiliki drainase yang baik, serta sedikit asam.

Ketika Bunda lihat tanahnya gembur, biarkan saja agar dapat menampung air yang berlebih. Campuran pot yang cocok untuk tanaman hias ini adalah tanah gambut yang memiliki kelembapan cukup.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah tanaman pada pot Bunda sudah benar atau belum, dapat dilihat dari mudah habis atau tidaknya air dalam pot.

2. Penyiraman

Bunda dapat menyiram tanaman hias aglaonema saat permukaan atas tanah mulai kering. Siram dengan air bersih hingga seluruh bagian tanah dalam pot basah, jadi akarnya juga ikut terkena air.

Frekuensi menyiram aglaonema ini disesuaikan dengan iklim, jenis tanah, dan pot ya. Saat musim kemarau, Bunda perlu meningkatkan intensitas penyiraman.

Sebaiknya jangan buat jadwal untuk menyiram ya. Sebab jika terlalu sering menyiram sebelum waktunya, justru tanaman hias aglaonema Bunda malah kelebihan air dan bisa merusak akarnya.

3. Cahaya

Tanaman hias aglaonema kebanyakan tumbuh dengan subur di area indoor dengan cahaya matahari tidak langsung. Namun, sejumlah jenis tanaman hias aglaonema justru tumbuh di tempat yang gelap.

Tanaman hiasĀ aglaonema yang bertahan di tempat dengan cahaya minim biasanya merupakan jenis yang daunnya berwarna hijau tua, seperti aglaonema pink dalmation, red emerald dan modestum.

Tanaman hias indoor ini memang bertahan di tempat gelap, tapi juga bisa hidup di area yang terkena cahaya terang. Sedangkan jenis aglaonema yang daunnya bernuansa silver, merah, atau pink, berkembang dengan baik di tempat dengan cahaya terang.

Pilih tempat yang mendapat sinar matahari tiap pagi, atau cahaya mentari tak langsung pada siang dan sore hari. Jadi kebutuhan cahaya ini memang harus disesuaikan pula dengan jenis aglaonemanya, Bunda.

Untuk perawatan aglaonema lainnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga video tanaman hias beracun:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19
(kuy/kuy)
Hal Penting dalam Merawat Tanaman Hias Aglaonema
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi