sign up SIGN UP search


moms-life

Alasan Ratu Tak Muncul ke Publik Saat Kematian Putri Diana

Muhayati Faridatun Rabu, 14 Oct 2020 16:33 WIB
PHILADELPHIA - OCTOBER 1:  Princess Diana's wedding slippers are displayed at a preview of the traveling caption
Jakarta -

Kematian Putri Diana pada 31 Agustus 1997 dianggap hari paling berduka sekaligus bersejarah. Tapi tahukah, Bunda, di hari menyedihkan itu, Ratu Elizabeth II tidak muncul ke hadapan publik?

Saat meninggal dunia, Putri Diana memang sudah setahun cerai dari Pangeran Charles. Tapi di hari itu, publik mengharapkan pernyataan resmi dari keluarga Kerajaan Inggris. Bagaimana pun, Princess of Wales menjadi bagian dari Istana selama 15 tahun.

Kenyataannya, saat menerima kabar kematian Putri Diana, keluarga Kerajaan sedang menikmati liburan di Istana Balmoral, Skotlandia. Tak terkecuali kedua putra Pangeran Charles dan Putri Diana, Pangeran William dan Pangeran Harry.


Tak satu pun dari mereka memberi ucapan duka secara langsung di hari itu. Rupanya, Ratu meminta Pejabat Pers Istana Geoffrey Crawford untuk menyampaikan pernyataan resmi Istana melalui siaran televisi. Demikian dilansir CBC.

"Ratu telah meminta saya untuk mengatakan bahwa keluarga Kerajaan merasa terluka, dengan anggapan bahwa mereka tidak peduli dengan kesedihan negara atas kematian tragis Putri Wales," ucap Geoffrey Crawford, di hari kematian Putri Diana.

Pada kesempatan itu juga, Crawford mengungkapkan alasan Ratu dan anggota keluarga Kerajaan lainnya tak muncul ke hadapan publik. Ia mengatakan, Ratu ingin menjaga perasaan kedua cucunya, Pangeran William yang saat itu berusia 15 tahun, dan Pangeran Harry yang belum genap 13 tahun.

"Putri Diana adalah tokoh nasional yang sangat dicintai, tetapi dia juga seorang ibu yang sangat dirindukan anak-anaknya," ungkap Crawford.

"Pangeran William dan Pangeran Harry ingin bersama ayah dan kakek-nenek mereka. Saat ini, (mereka) di tempat yang tenang di Balmoral."

Dijelaskan juga, upaya ini dilakukan Ratu lantaran sudah melanggar beberapa protokol Kerajaan. Salah satunya, Ratu Elizabeth II akhirnya mengizinkan Pangeran Charles menjemput jenazah Putri Diana di Paris menggunakan penerbangan Kerajaan.

Seharusnya, penerbangan Kerajaan tidak diperkenankan karena Putri Diana tak lagi menyandang gelar Her Royal Highness (HRH) atau Yang Mulia, sejak bercerai dari Pangeran Charles. Tapi setelah Sang Pangeran bersikeras, Ratu akhirnya mengizinkan.

Bunda, simak juga ungkapan kesedihan istri Indra Bekti saat anak ketiga meninggal dunia, dalam video Intimate Interview berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi