sign up SIGN UP search


moms-life

5 Hari Usai Kematian Putri Diana, Ratu Gugup Menyapa Publik

Muhayati Faridatun Kamis, 15 Oct 2020 07:05 WIB
Ratu Elizabeth II caption
Jakarta -

Tepat di hari kematian Putri Diana, 31 Agustus 1997, Ratu Elizabeth II tak langsung muncul ke publik. Barulah lima hari kemudian, Ratu menyapa ribuan warga yang berkerumun di sepanjang jalan depan Istana Buckingham.

Putri Diana mengembuskan napas terakhir setelah mengalami kecelakaan mobil di Paris, Prancis. Saat itu, Ratu bersama keluarga Kerajaan Inggris sedang berlibur di Istana Balmoral, Skotlandia.

Termasuk mantan suami Putri Diana, Pangeran Charles, juga kedua putra mereka, Pangeran William dan Pangeran Harry. Di hari nahas itu, tak satu pun dari mereka muncul ke publik untuk mengungkapkan pernyataan berduka.


Setelah lima hari, tepatnya 5 September 1997, Ratu dan keluarga Kerajaan baru kembali ke Buckingham Palace, London. Sepanjang jalan menuju Istana, publik sudah menunggu mereka yang datang beriringan dengan mobil Kerajaan.

"Ratu sangat gugup karena merasakan permusuhan, itu adalah hari yang buruk," ucap penulis biografi Kerajaan Ingrid Seward, dikutip dari YouTube channel National Geographic.

Tepuk tangan pun menyambut kedatangan Ratu di depan gerbang Istana. Ia turun dari mobil bersama sang suami, Pangeran Philip, lalu melihat tumpukan buket bunga dan ucapan duka yang tergeletak di sana. Ratu juga menerima sebuah buket dari seorang wanita, yang berdiri di balik barikade.

Dalam narasinya, Ingrid Seward juga mengatakan, Ratu telah mematahkan anggapan bahwa dirinya tak akur dengan Putri Diana. Ini karena Ratu disebut-sebut mendesak Pangeran Charles menceraikan Putri Diana pada 1996.

"Menurut saya, publik akhirnya melihat dia (Ratu). Di balik perasaan bahwa dia baik-baik saja, dia menunjukkan kedewasaan sebagai seorang nenek," tutur penulis buku The Queen & Di ini.

Lalu dalam pidato resminya pada hari itu, Ratu Elizabeth II menyampaikan duka atas kehilangan Putri Diana. Sebagai penghormatan terakhir, ia juga mengajak publik untuk menyaksikan pemakaman Princess of Wales pada 6 September 1997.

"Saya berharap, besok (6 September), di mana pun kita berada, bergabung untuk menunjukkan kesedihan kita atas kehilangan Diana, dan menghargai hidupnya yang sangat singkat," ujar Ratu, yang mengenakan pakaian serba hitam.

Upacara pemakaman Putri Diana dilangsungkan di Gereja Westminster Abbey, London. Lalu jenazahnya dimakamkan di tanah kelahirannya di Althorp, Northampton.

Bunda, simak juga detik-detik istri almarhum Bani 'Seventeen' tahu kabar suami meninggal usai diterjang tsunami, dalam video Intimate Interview berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi