sign up SIGN UP search


moms-life

Aktivitas Fisik di Masa Pandemi, Ketahui Durasinya Sesuai Usia Yuk

Jujuk Ernawati Minggu, 22 Nov 2020 15:53 WIB
Ilustrasi olahraga di rumah caption
Jakarta -

Selama masa pandemi Corona atau COVID-19, orang lebih banyak tinggal di rumah, dan mungkin duduk lebih sering dari biasanya. Ya, kondisi saat ini membuat orang membatasi diri melakukan aktivitas, terutama di luar rumah. Padahal justru sangat penting bagi semua orang dari segala usia untuk menjadi seaktif mungkin.

Meski bekerja atau tinggal di rumah, Bunda jangan lupa istirahat sejenak dari pekerjaan ya. Sempatkan waktu melakukan gerakan fisik dengan intensitas ringan selama 3-4 menit, seperti jalan kaki atau melakukan stretching. Aktivitas fisik ringan ini akan membantu melemaskan otot, dan melancarkan peredaran darah, serta aktivitas otot Bunda lho.

Mengutip laman Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, melakukan aktivitas fisik secara teratur memberi banyak manfaat untuk tubuh, dan pikiran. Misalnya, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengatur berat badan, serta mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan berbagai jenis penyakit kanker. Semua kondisi itu bisa meningkatkan kerentanan terhadap COVID-19.


Aktivitas fisik secara teratur juga bisa meningkatkan kekuatan tulang, dan otot, serta meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kebugaran, lho. Bagi orang tua, aktivitas fisik untuk meningkatkan keseimbangan dapat membantu mencegah mereka dari jatuh, dan cedera.

Tak cuma bermanfaat untuk tubuh, aktivitas fisik secara teratur juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental, seperti dapat mengurangi risiko depresi, penurunan kognitif, dan menunda demensia. Selain itu, serta meningkatkan suasana hati yang baik secara keseluruhan.

Nah untuk mendapatkan semua manfaat itu, Bunda atau keluarga harus rutin melakukan aktivitas fisik. Namun durasinya juga perlu diperhatikan ya, Bunda. Berapa sih waktu yang direkomendasikan WHO untuk melakukan aktivitas fisik setiap hari secara teratur?

Untuk mengetahuinya, klik NEXT yuk Bunda.

Simak juga amankah olahraga di ruang publik selama pandemi COVID-19, dalam video berikut ini yuk, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



(jue/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi