sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Keuangan Supaya Bunda Tetap Lancar Menabung di Tahun 2021

Yuni Ayu Amida Rabu, 16 Dec 2020 17:26 WIB
2021 number on wood block on top of stack of coins caption
Jakarta -

Tahun 2020 sebentar lagi berakhir, Bunda. Apakah Bunda sudah memiliki jumlah tabungan yang cukup untuk memulai tahun baru?

Masalah keuangan memang selalu menghantui siapa saja di setiap waktunya. Ini artinya penting untuk Bunda tahu bagaimana kiat-kiat mengatur keuangan agar simpanan aman meski tahun telah berganti.

Berikut ini 5 tips keuangan agar Bunda tetap lancar menabung di tahun 2021, dikutip dari Money Under 30.


1. Mulailah menabung sekarang

Mulailah menabung dari sekarang, Bunda, setidaknya sisihkan penghasilan sedikit untuk masa pensiun. Ini memang terdengar mudah, namun kadang sulit dilakukan jika tidak dengan niat yang kuat.

Faktanya, Bunda harus menargetkan untuk memiliki sekitar satu tahun gaji yang dihemat pada saat Bunda berusia 30 tahun. Jika Bunda mulai menabung dari sekarang, Bunda tidak akan keteteran untuk mengejar ketertinggalan di kemudian hari.

Dan akan lebih baik jika Bunda bekerja di perusahaan yang menawarkan dana pensiun. Mulailah dari sekarang!

2. Jangan takut dengan kartu kredit

Bunda boleh takut dengan hutang konsumen, tapi jangan takut dengan kartu kredit. Sebenarnya ada jauh lebih banyak manfaat menggunakan kartu kredit, tentunya secara bertanggung jawab daripada menghindarinya.

Biasanya kita menunda memakai kartu kredit karena merasa belum bisa mengatur kebiasaan belanja, serta merasa tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan kartu kredit. Namun jika memang sudah saatnya, tidak masalah gunakan kartu kredit.

Kartu debit tidak membantu Bunda membangun kredit, dan ada banyak manfaat yang ditawarkan kartu kredit yang tidak ditawarkan oleh kartu debit, seperti asuransi persewaan mobil dan perlindungan pembelian.

3. Pilih kartu kredit yang tepat

Tidak masalah apa pun kartu reward yang Bunda dapatkan, tapi pilihlah yang terbaik untuk preferensi Bunda.

Saat mencari kartu kredit, yang terbaik adalah memilih salah satu yang cocok dengan hidup Bunda. Pertimbangkan pula kartu yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi di manapun agar Bunda tidak kesulitan nantinya.

Selain itu, beberapa kartu kredit biasanya menawarkan total hadiah yang terbilang lumayan. Bunda juga bisa mempertimbangkan aspek itu dalam memilih kartu kredit.

Banner tanaman hias tropis

Simak juga tips ajak anak menabung dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



5 Tips Keuangan Supaya Bunda Tetap Lancar Menabung di Tahun 2021
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!