sign up SIGN UP search


moms-life

10 Tanaman Hias Merambat di Dinding, Berdaun Lebar dan Kecil

Erni Meilina Selasa, 12 Jan 2021 10:33 WIB
Fence with beautiful blue morning glories. caption

Bunda akan menambah koleksi tanaman hias di rumah? Kira-kira harus nambah apalagi ya, Bun untuk mempercantik rumah? Jangan bingung, Bunda. Tanaman merambat bisa jadi pilihan yang tepat sebagai koleksi tanaman hias yang baru.

Ada berbagai jenis tanaman merambat yang cantik lho, Bun. Misalnya, alamanda, mandevilla, dan bougenville.  Tanaman-tanaman itu memiliki warna bunga yang cerah, cantik, dan juga menyegarkan. Tak hanya sebagai hiasan, tanaman merambat juga bisa menjadi pelindung dinding rumah Bunda lho.

Penasaran kan Bun apa aja sih tanaman merambat yang bisa Bunda tanam di rumah? Merangkum dari berbagai sumber ada 10 rekomendasi tanaman merambat di dinding, mulai dari yang berdaun kecil hingga berdaun lebar.


Tanaman hias merambat di dinding:

1. Bougenville

Bougenville atau yang biasa disebut bunga kertas adalah salah satu tanaman hias yang merambat di dinding. Tanaman ini sangat hit lho di negara kita karena termasuk tanaman yang tahan panas. Tanaman ini juga termasuk tanaman yang mudah untuk dirawat.

Sebagai tanaman hias, tanaman ini tumbuh kurang lebih hanya satu meter saja, Bunda. Berbeda jika tumbuh di alam bebas yang bisa menjadi pohon tinggi. Bougenville memiliki kelopak yang tipis seperti kertas, makanya disebut bunga kertas. Bougenville memiliki beragam variasi warna yang cantik-cantik juga, lho Bunda.  Seperti warna ungu, kuning, dan juga merah muda.

Meski Bunga ini akan terlihat cantik sebagai tanaman merambat karena warna dan bentuknya, Bunda harus hati-hati ya karena bagian batangnya terdapat duri yang tajam.

2. Dollar

Bunda pernah mendengar tanaman yang namanya dollar? Memang ada? Jangan salah Bunda, ada lho tanaman hias yang memiliki nama unik, yaitu dollar dan berasal dari Afrika. Memang masih terdengar asing di telinga ya, Bun.

Tanaman ini memiliki daun yang mengkilap dan warna hijaunya yang cerah memberikan nuansa yang sangat menyegarkan dan menenangkan. Karena daun yang mengkilap inilah yang membuat orang-orang sekarang sangat tergila-gila dengan tanaman ini. Tanaman ini memiliki ukuran daun yang kecil dan mengandung banyak air. Cara merawatnya juga mudah lho, Bun. Jadi, Bunda yang baru ingin mempunyai tanaman yang merambat, dollar bisa menjadi pilihan terbaik.

3. Clematis

Clematis adalah tanaman merambat yang sekarang juga lagi populer nih, di kalangan para Bunda yang pencinta tanaman. Tanaman ini akan lebih baik jika di tanam di udara yang sejuk. Bentuk bunga clematis ini mirip lho dengan bunga melati. Ukurannya memang cukup besar bisa enam – tujuh kelopak.

Clematis juga memiliki varian warna yang cantik-cantik seperti putih, kuning, merah muda, biru, ungu, dan warna merah seperti bunga mawar. Clematis bisa tumbuh di sepanjang tahun lho. Beruntungnya lagi, tanaman ini kalau berbunga akan sekaligus menghasilkan bunga yang banyak.

Aromanya juga dapat menenangkan pikiran. Clematis bisa tumbuh sangat lama dengan tinggi sampai enam meter.

4. Morning Glory

Dilihat dari namanya, morning glory memiliki arti yang tersirat. Tanaman ini seolah-olah menunjukkan makna bahwa morning glory hadir di dunia karena anugerah atas keagungan dan kuasa Tuhan. Memang ya, Bun nama tanaman ini sangat cantik secantik bentuknya.

Tanaman ini memiliki warna ungu jika ada di udara panas, dan warna biru jika ada di tempat yang dingin. Unik sekali ya, Bun. Tanaman ini bisa tumbuh di udara yang sangat panas ataupun udara yang sangat dingin yang bisa tumbuh dengan cepat. Letakkan morning glory di bawah sinar matahari langsung ya Bunda.

Klik halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tanaman hias beracun yang sebaiknya tidak disentuh anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner dr.Tirta vs Melly Goeslaw



Berbagai Jenis Tanaman Merambat di Dinding
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!