sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanaman Hias yang Mampu Menyaring Polusi Udara dalam Ruangan

Kinan Selasa, 12 Jan 2021 03:00 WIB
houseplant, Chlorophytum comosum in front of a light wall in a green pot Chlorophytum comosum atau lili paris/ Foto: Dok. Istock

Jangan abaikan pentingnya memerhatikan kelancaran aliran udara di dalam ruangan. Jika terhambat, ruangan jadi berisiko penuh polusi udara.

Kondisi ini pun jika didiamkan berlarut-larut dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti asma dan gangguan pernapasan lainnya.

Dikutip dari Healthline, faktanya perabotan modern, bahan bangunan sintetis dan bahkan karpet dalam rumah bisa jadi salah satu sumber polusi udara. Hal ini terutama akibat dari bahan kimia di dalamnya.


Tenang saja, Bunda. Beberapa jenis tanaman hias tertentu diketahui dapat dimanfaatkan sebagai penyaring udara alami. Berikut ulasannya:

1. Lili Paris (Chlorophytum comosum)

Tanaman ini tumbuh dengan cepat dan sangat cocok ditempatkan di pot gantung. Kadang-kadang, tanaman Lili Paris ini juga menghasilkan bunga putih yang indah. Tak sulit dirawat, pastikan saja Bunda menyiramnya 2-3 kali dalam seminggu.

Spider plants diketahui dapat membantu menghilangkan zat-zat berbahaya di udara seperti formaldehyde dan xylene.

2. Palem Kuning (Chamaedorea seifrizii)

Tanaman yang kokoh ini dikenal dengan keanggunannya. Selain itu, tanaman hias palem bambu ini juga dikenal menyukai sinar matahari yang terang tapi tidak langsung. Uniknya, palem bambu dapat mengeluarkan kelembapan ke udara.

Untuk merawatnya, jaga selalu tanah tetap lembap. Tempatkan palem bambu di tempat udara bersirkulasi bebas. Tanaman ini mampu menghilangkan formaldehida, benzena, karbon monoksida, xilena, kloroform, dan banyak lagi.

3. Rubber plants (Ficus elastic)

Tanaman rubber plants atau karet merah adalah salah satu jenis pohon cemara dari India. Akarnya tumbuh ke atas dan sering kali terjalin di sekitar batang tanaman, membentuk struktur yang menarik. Tanaman ini menyukai cahaya terang dan butuh disiram secukupnya saja guna menjaga tanahnya tetap lembap, terutama di musim hujan.

Agar tanaman hias ini tampak lebih cantik, jangan lupa rutin memangkas daunnya dan bersihkan dengan cara diusap lembut.

Tanaman ini diketahui dapat membantu menghilangkan karbon monoksida, formaldehida dan trichloroethylene.

Simak juga tanaman hias termahal di dunia dalam video berikut ini, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner dr.Tirta vs Melly Goeslaw
(som/som)
5 Tanaman Hias yang Mampu Menyaring Polusi Udara dalam Ruangan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi