moms-life

5 Alternatif Alat Masak Pengganti Wajan atau Panci Teflon

Melly Febrida Sabtu, 07 Sep 2019 10:01 WIB
5 Alternatif Alat Masak Pengganti Wajan atau Panci Teflon
Jakarta - Peralatan masak kini makin banyak jenisnya. Kalau Bunda masih khawatir dengan penggunaan alat masak anti-lengket teflon karena disebut berisiko bagi kesehatan, coba pakai alternatif jenis alat masak lain.

Ahli diet Daisy Coyle, APD, mengatakan memang bahan kimia asam perfluorooctanoic (PFOA), yang sebelumnya digunakan untuk memproduksi teflon, dikaitkan dengan bahaya untuk kesehatan seperti penyakit ginjal dan hati. Namun, semua produk Teflon sudah bebas PFOA sejak 2013.

Selain mengubah cara memasak yang aman ketika memakai teflon, kata Coyle, Bunda juga bisa menggunakan peralatan masak lainnya dari bahan yang berbeda. Demikian mengutip Health Line.


1. Stainless steel

Stainless steel bagus untuk menumis dan menggoreng makanan, Bun. Bahan ini juga tahan lama dan tahan gores. Selain itu, mudah dibersihkan.

2. Besi tahan karat

Menurut Eco Parent, bahan ini merupakan pilihan yang hemat biaya serta berteknologi rendah. Secara teknis besi tahan karat bukan anti-lengket, tetapi dapat dibersihkan dengan sedikit minyak dan spon cuci piring tanpa khawatir permukaannya terkelupas seperti teflon.

Ketika memakainya, pastikan wajan diminyaki dan dipanaskan sampai suhu penuh sebelum menambahkan bahan makanan agar tak terlalu lengket. Menggunakan spatula logam ketimbang plastik juga bisa membantu memasak pakai alat masak ini lebih mudah.

3. Periuk

ilustrasi alternatif teflonilustrasi alternatif teflon/ Foto: iStock
Periuk telah digunakan selama ribuan tahun. Panasnya merata dan bahan makanan tidak lengket saat dibumbui. Alat masak ini juga tahan gores dan dapat dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi.

4. Keramik

Peralatan masak keramik merupakan alternatif yang mirip dengan teflon yakni memiliki sifat anti-lengket dan umumnya dianggap aman. Kekurangan alat masak berbahan keramik yakni tidak tahan pada goresan dan beberapa merek akan kehilangan sifat anti-lengketnya saat digunakan dengan suhu tinggi. Jadi, pastikan untuk mengikuti petunjuk pengguna dengan hati-hati.

"Pastikan juga untuk mencari merek yang bebas PFOA, timbal, dan kadmium," ujar Coyle.


5. Peralatan masak silikon

Silikon adalah karet sintetis yang digunakan dalam peralatan dapur, termasuk memanggang. Tapi, silikon tidak tahan terhadap panas langsung sehingga paling cocok untuk memanggang.

"Sebenarnya peralatan masak anti-lengket dan teflon aman untuk masakan rumahan normal, selama suhunya tidak melebihi 300 derajat Celcius. Sebaiknya gunakan peralatan masak anti-lengket di atas kompor dengan api kecil hingga sedang, jangan menggunakannya dengan suhu panas maksimum," pungkas Coyle.

Simak keseruan keluarga Sissy Prescillia saat masak bareng di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi