sign up SIGN UP search


moms-life

Beda Rapid Test Antibodi, Antigen, & Swab PCR

Yuni Ayu Amida Kamis, 31 Dec 2020 18:40 WIB
Ilustrasi tes swab caption
Jakarta -

Selama masa pandemi Corona, masyarakat diminta untuk mendukung segala program pemerintah dalam penanganan pandemi. Salah satunya terkait tes atau pemeriksaan COVID-19, Bunda.

Khususnya kepada masyarakat yang ingin bepergian ke luar kota, harus melakukan pemeriksaan COVID-19. Terlebih selama liburan Natal dan Tahun Baru ini, Bunda.

Seperti yang disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito bahwa ketentuan pemeriksaan ini merupakan salah satu upaya menanggulangi penularan. Karena dari pengalaman liburan sebelumnya, jika tidak patuh pada aturan, jumlah kasus penularan COVID-19 meningkat.


"Pengalaman tiga liburan sebelumnya, mobilitas warga selalu memicu peningkatan kasus penularan baru. Oleh karena itu sudah seharusnya warga untuk lebih patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan," kata Wiku.

Lebih lanjut, dalam melakukan pemeriksaan, ada beberapa alat pemeriksa yang bisa digunakan. Alat tersebut yakni rapid test, yang terbagi menjadi dua, yaitu rapid test antibodi dan rapid test antigen. Kemudian ada tes swab PCR, yang memiliki persentase deteksi lebih tinggi.

Lalu sebenarnya apa perbedaan dari ketiga test ini ya, Bunda?

Dikutip dari laman resmi covid19.go.id, target deteksi pada rapid test antibodi adalah antibodi dalam darah. Sementara itu sampel yang digunakan adalah. Hasil tes akan diketahui dalam waktu singkat yakni 5 hingga 10 menit.

Untuk rapid test antigen, target deteksinya yakni materi genetik atau protein spesifik dari virus tersebut dalam tubuh seseorang. Sampel yang digunakan adalah swab nasal atau nasofaring sesuai dengan jenis antigen yang digunakan. Durasinya yang diperlukan untuk mengetahui hasil yakni kurang lebih 30 menit.

Sedangkan swab PCR test menggunakan target deteksi berupa materi genetik DNA dan RNA dari virus SARS-COV-2. Sampel yang digunakan yakni swab nasofaring dan swab tenggorok atau orofaring.

Durasi yang diperlukan untuk mengetahui hasil swab PCR test lebih lama dari dua test sebelumnya, Bunda, yakni satu hingga dua hari setelah sampel diterima di laboratorium.

Jangan lupa juga untuk selalu #ingatpesanbunda #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan dan #cucitanganpakaisabun, sesuai imbauan #satgascovid19.

Simak juga yuk Bunda soal penjelasan tentang mutasi virus corona dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat Pandemi



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!