sign up SIGN UP search


moms-life

3 Rekomendasi Posisi Seks Saat Hamil Tua yang Aman

Kinan Selasa, 05 Jan 2021 23:00 WIB
Happy pregnant woman with her husband are holding and listening to baby in belly and setting on living room's floor at home, pregnant and family concept caption

Jakarta - Beberapa aktivitas saat kehamilan memasuki trimester ketiga perlu diperhatikan lebih ketat. Termasuk untuk urusan aktivitas seksual. Posisi seks saat hamil tua pun tak boleh diabaikan.

Rutin melakukan hubungan intim saat hamil tua sebenarnya punya banyak manfaat lho, Bunda. Mulai dari meningkatkan bonding dengan suami, mengendalikan hormon, hingga membuat tubuh rileks.

Dikutip dari Parenting First Cry, hubungan intim saat hamil tua sebenarnya aman dan boleh dilakukan. Tetapi perlu diperhatikan seperti apa posisinya, utamakan kenyamanan untuk ibu hamil.


Seperti diketahui, saat hamil tua berbagai perubahan tubuh akan terasa lebih nyata dan bahkan kerap membuat tak nyaman. Misalnya seperti nyeri punggung, kaki bengkak, mudah lelah, nyeri pada payudara dan pusing.

Maka dari itu, memilih posisi seks saat hamil tua yang tepat pun bisa menjadi cara tepat agar tetap nyaman. Apa saja pilihannya?

1. Spooning

Posisi spooning bisa menjadi salah satu posisi seks hamil tua yang ideal dilakukan. Pada posisi ini, Bunda bisa berbaring miring dan suami berada di belakang tubuh Bunda. Posisi spooning sering kali dianggap sebagai posisi ternyaman untuk aktivitas seks di trimester ketiga.

2. Woman on top

Dengan posisi woman on top, Bunda bisa lebih mengendalikan seperti apa kenyamanan yang dibutuhkan agar rileks. Penetrasi pun bisa lebih terkendali agar Bunda tetap nyaman dan tidak tegang. 

3. The edge of the bed

Pada posisi ini, Bunda bisa berbaring di pinggir kasur dengan kedua kaki menapak lantai dan saling berhadapan dengan suami. Selain spooning, posisi ini juga dianggap paling nyaman untuk ibu hamil trimester ketiga.

Jangan lupa ingatkan suami untuk tidak melakukan penetrasi terlalu dalam agar tetap nyaman ya, Bunda. Hal ini selain bisa membuat tidak nyaman, juga berisiko memicu perdarahan.

Nah, selain posisi yang nyaman, ada juga posisi yang justru sebaiknya dihindari saat hamil tua yakni misionaris. Pada posisi ini, perut berisiko tertekan. Maka dari itu, hindari melakukan posisi misionaris saat hamil tua ya, Bunda.

Jika setelah melakukan hubungan intim ada keluhan, segera konsultasikan ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Simak juga video kiat edukasi seks sejak usia dini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19Foto: Mia Kurnia Sari



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi