sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tips Menghemat Uang Bulanan Supaya Bisa Menabung

Hilda Irach Minggu, 24 Jan 2021 15:25 WIB
Picture of young girl and her mother with piggybank sitting at table caption

Hidup hemat penting untuk diterapkan oleh setiap orang. Bukan tanpa alasan, dengan hidup berhemat, segala kebutuhan dapat tercukupi dengan baik. Tak hanya itu, dengan menghemat artinya ada budget yang bisa Bunda tabung.

Uang tabungan ini kemudian bisa menjadi dana cadangan yang berguna ketika Bunda dihadapi oleh situasi tak terduga. Misalnya, bila salah satu anggota keluarga sakit, biaya pendidikan, atau di masa sulit seperti pandemi corona saat ini.

Kesulitan untuk menabung, terutama untuk perempuan, adalah godaan berbelanja. Apalagi kalau sudah memperoleh gaji bulanan, belanja online sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihentikan. Waduh, godaan memang terlalu indah untuk dihindari ya, Bun!


Nah, untuk menghindari hal tersebut, beberapa tips ini mungkin bisa membantu Bunda. Dikutip dari Good Housekeeping, berikut ini tips menghemat uang bulanan agar bisa menabung.

1. Cermat belanjakan gaji

Gunakanlah gaji dengan cermat. Prioritaskan pengeluaran hanya yang paling penting dimulai dari kebutuhan wajib di rumah dan cicilan yang harus dibayar. Hitung pula pengeluaran untuk sekolah anak. 

Pilah-pilih pengeluaran antara kebutuhan dengan keinginan ya, Bun. Dengan demikian, pengeluaran dapat terkontrol.

2. 'Sembunyi' dari iklan di internet

Tahukah Bunda, kalau Google Chorme memiliki mode penelusuran pribadi atau disebut juga incognito browser? Mode penyamaran ini menawarkan privasi, kenyamanan, dan keamanan saat Bunda berselancar di internet. 

Nah, fitur ini sangat berguna saat Bunda berbelanja online nih. Melalui mode penyamaran, Bunda dapat menghindari gangguan iklan-iklan platform belanja online yang dapat berpengaruh pada keinginan berbelanja.

Pasalnya, jika Bunda berinternet dengan browser normal, Google bisa merekam aktivitas tersebut. Kemudian mereka akan mengumpulkan data dari berbagai tempat untuk menargetkan iklan dan promosi sesuai kebiasaan yang Bunda kembangkan. 

Dengan mode penyamaran ini secara otomatis akan menghapus riwayat browser saat Bunda menutup tab. Walhasil, godaan belanja akan enyah dari mata Bunda.

Simak dua tips menghemat berikut di HALAMAN SELANJUTNYA ya, Bunda.

Lihat juga video berikut mengenai kiat bisnis online untuk dana pendidikan anak:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Fanny Fabriana Sekeluarga Terkena Covid-19



Cara menyisihkan gaji untuk menabung
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!