sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Seks untuk Tingkatkan Peluang Hamil: Posisi hingga Orgasme

Kinan Selasa, 12 Jan 2021 21:55 WIB
Tips Seks untuk Tingkatkan Peluang Hamil: Posisi hingga Orgasme
Untuk meningkatkan peluang hamil, ada beberapa tips seks yang bisa Bunda coba. Mulai dari soal waktu yang tepat melakukan hubungan seks, hingga posisi terbaik. caption

3. Seberapa sering pasutri harus melakukan hubungan seks?

Disebut-sebut bahwa berhubungan seks terlalu sering dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sperma memiliki kualitas yang lebih baik bila 'dikumpulkan' setelah 2-3 hari. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa tingkat konsepsi lebih tinggi terlihat pada pasutri yang berhubungan seks setiap 1-2 hari.

Saat program hamil, cobalah melakukan hubungan seks lebih sering, tetapi jangan memaksakan diri untuk membuat jadwal karena justru memicu stres. Pada akhirnya, frekuensi hubungan seks yang ideal adalah apa yang membuat Bunda dan suami merasa nyaman.

4. Apakah penggunaan pelumas memengaruhi peluang hamil?

Penggunaan pelumas kadang dibutuhkan, namun menimbulkan pertanyaan apakah kelak dapat memengaruhi kualitas sperma. Sebuah studi tidak menemukan adanya efek negatif pelumas pada kesuburan.


Faktanya, pelumas justru dapat membantu upaya hamil dengan membuat aktivitas seks jadi lebih nyaman, lho.

5. Benarkah orgasme meningkatkan peluang hamil?

Meski wanita tidak harus mencapai klimaks untuk bisa hamil, gerakan orgasme dapat membantu mendorong sperma lebih dekat ke sel telur. Maka dari itu, bicarakan pada pasangan tentang hal-hal yang disukai saat hubungan seks agar bisa mendapatkan orgasme.

Selain tentang orgasme, hal lain yang juga perlu diperhatikan yakni pola hidup sehat. Salah satunya kontrol berat badan normal. Menjadi terlalu gemuk atau terlalu kurus bisa menurunkan kesuburan, baik pria maupun wanita.

Hindari juga kebiasaan merokok (termasuk paparan asap rokok) dan konsumsi kafein berlebihan.

Merokok dapat meningkatkan risiko keguguran dan mengurangi motilitas sperma. Sementara itu, konsumsi kafein berlebihan (lebih dari 5 cangkir sehari) dapat menurunkan kesuburan.

(kuy/kuy)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi