sign up SIGN UP search


moms-life

5 Trik Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Hilda Irach   |   Haibunda Minggu, 24 Jan 2021 09:50 WIB
Pare caption

Pare adalah salah satu jenis sayuran yang umum ditemukan dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Baik dalam hidangan tumis pare atau pelengkap siomay. Sayuran satu ini tumbuh baik di daerah tropis dan sub tropis, khususnya wilayah Karibia, Afrika, Cina, dan Asia Tenggara. Tidak heran, pare mudah ditemukan di Indonesia nih, Bunda.

Pare berasal dari keluarga Cucurbitaceae, yakni famili yang menghasilkan semangka dan melon. Alih-alih berbentuk bulat dan berdaging manis, pare justru berbentuk lonjong dan memiliki rasa yang pahit.

Karena rasanya yang pahit itulah, pare juga menjadi salah satu sayuran yang sering dihindari banyak orang. Padahal, jika mengetahui khasiatnya tentu akan sangat disayangkan jika dilewatkan nih, Bunda.


Sayur hijau berkulit kasar ini kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, zinc, serat, dan folat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya padat nutrisi penting, tetapi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Rasa pahit pare sebenarnya berasal dari senyawa cucurbitacins. Meski rasanya tidak enak, senyawa ini justru memiliki khasiat yang tidak main-main lho, Bunda.

Pasalnya, pare ini dapat membantu mengobati kondisi terkait diabetes. Maka dari itu, pare kerap dijadikan obat manjur dan telah lama digunakan oleh penduduk asli seluruh dunia.

PareIlustrasi Pare/ Foto: iStock

"Telah lama dipercaya bahwa pare memiliki kekuatan untuk membersihkan dan meningkatkan kualitas darah, dan yang lainnya mempromosikannya sebagai obat untuk diabetes,” kata Jennifer McLagan, penulis Bitter: A Taste of the World’s Most Dangerous Flavor, dikutip dari Food Republic.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi pare baik untuk menurunkan kadar gula darah dan melawan virus. "Sebuah studi di University of Colorado Cancer Center menunjukkan jus pare dapat membunuh sel kanker." tambahnya.

Karena mengandung banyak nutrisi dan manfaat kesehatan, rasanya sayang ya Bunda jika kita sampai melewatkan sayuran ini hanya karena rasanya. Lagipula rasa pahitnya bisa disamarkan dengan metode pengolahan yang tepat nih, Bunda.

Lantas, bagaimana cara mengolah pare agar mengurangi rasa pahitnya? dilansir The Spurce Eats, berikut ini 5 trik memasak pare agar tidak pahit. Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda!

Simak juga video berikut mengenai cara benar mencuci sayur dan buah

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Fanny Fabriana Sekeluarga Terkena Covid-19Banner Fanny Fabriana Sekeluarga Terkena Covid-19/ Foto: Mia Kurnia Sari
Trik Masak Pare Agar Tidak Pahit, Bun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!