sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Mudah Menggoreng Makanan Agar Tidak Meletup

Hilda Irach Kamis, 04 Feb 2021 10:45 WIB
Close up image of cooking chicken in deep fry caption

Memasak menjadi hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika menyajikan makanan favorit untuk keluarga tercinta. Membuat mereka lahap saat menyantap masakan Bunda, tentu menjadi kebahagiaan tersendiri ya.

Tetapi bagi pemula terkadang merasa kesulitan menggoreng makanan berminyak. Baik itu ayam goreng, ikan goreng, atau gorengan lainnya. Alasannya satu, yakni karena takut akan letupan minyak yang bertubi-tubi.

Tidak hanya membuat dapur menjadi berantakan dan lengket karena minyak yang berceceran, tetapi juga membahayakan untuk Bunda. Sebab, apabila cipratan minyak sampai mengenai tangan, tentu akan terasa menyakitkan dan meninggalkan bekas kemerahan di kulit ya, Bunda.


Tapi tenang saja, ada cara mudah dan sederhana untuk menggoreng makanan tanpa harus ribet. Beberapa cara ini terbukti aman dan bisa meminimalisir letupan minyak yang dapat melukai tubuh Bunda.

Dikutip dari Home Made Recipes, berikut ini 5 cara mudah menggoreng makanan tanpa perlu takut minyak meletup. Disimak ya, Bunda!

1. Pilih ukuran wajan yang tepat

Penggunaan ukuran wajan yang tidak sesuai dapat membuat makanan meletup lho, Bunda. Apalagi jika Bunda menggoreng bahan makanan yang memang memiliki potensi minyak meletup dengan mudah seperti ayam atau ikan.

Jika Bunda menggoreng kedua makanan tersebut menggunakan wajan yang dangkal tentu saja membuat minyaknya berceceran. Tak hanya membuat dapur Bunda kotor, tetapi juga bisa melukai tangan Bunda nih.

Karena itu, sesuaikan ukuran wajan dengan makanan yang dimasak ya, Bunda. Pastikan wajan yang Bunda gunakan cukup besar untuk menggoreng. Semakin tinggi sisi wajan, semakin baik untuk mencegah percikan minyak.

2. Gunakan perlindungan ekstra

Bunda dapat menggunakan perlindungan agar dapat melindungi diri Bunda dari percikan yang lebih tinggi. Misalnya dengan menggunakan frywall.

Frywall merupakan perisai silikon tahan panas yang dapat Bunda tempatkan di penggorengan. Alat ini efektif bantu minimalisir percikan minyak mengenai tangan, sekaligus memungkinkan uap keluar nih. Namun sebelum membelinya, pastikan untuk mendapatkan ukuran yang tepat untuk wajan Bunda ya.

3. Pastikan wajan yang digunakan kering

Salah satu faktor penyebab minyak goreng meletup saat menggoreng makanan adalah karena wajan tidak benar-benar dalam keadaan kering, Bunda.

Letupan tersebut terjadi karena adanya perbedaan dua massa jenis antara minyak goreng dan air di penggorengan. Ketika dipanaskan, gabungan dua massa jenis ini akan menghasilkan uap panas berlapis minyak. Sehingga ketika mencapai suhu panas yang tinggi, akan terjadi letupan-letupan tidak terkontrol. Nah, inilah yang kita kenal sebagai percikan minyak, Bunda.

Demi mencegah hal tersebut, bersihkan semua kelembapan di wajan dan makanan yang ingin Bunda goreng. Khususnya pada makanan yang basah setelah dicuci.

Untuk cara lainnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda!

Cara Mudah Menggoreng Makanan Agar Tidak Meletup
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi