moms-life

7 Kesalahan Memasak Ayam yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya soal Minyak

Tim HaiBunda   |   HaiBunda

Jumat, 02 Jun 2023 14:55 WIB

Jakarta -

Ayam menjadi salah satu menu makanan praktis dan kaya gizi. Itu sebabnya, sudah umum kalau sajian ayam selalu tersaji di meja makan ya, Bunda.

Namun, tahukah Bunda bahwa ada beberapa kesalahan memasak ayam yang malah bisa membuat rasanya jadi kacau. Apakah Bunda juga sering melakukan, kesalahan memasak ayam di bawah ini?

Kesalahan memasak ayam bukan hanya mengacaukan rasanya saja, tektur menjadi keras atau alot pun menjadi taruhannya. Langsung simak ulasannya di bawah ini ya:


Kesalahan memasak ayam di rumah

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasak ayam:

1. Mencuci daging ayam

Bunda, setiap kali memasak ayam apakah selalu mencuci atau membilas dagingnya sebelum diolah? Jika jawabannya iya, ternyata hal ini justru tidak disarankan lho.

Mencuci ayam sebelum memasaknya tidak terbukti efektif membunuh bakteri yang ada di dalamnya. Alih-alih menjadi bersih, mencuci malah bisa menyebarkan kuman ke seluruh peralatan dapur. Sebagai gantinya gunakan tisu untuk menepuk-nepuk ayam hingga kering.

2. Direndam perasan lemon

Beberapa resep mencantumkan perasan lemon untuk menjadi bahan perendam daging ayam. Namun, marinasi lemon berlebihan akan membuat daging ayam lembek saat dimasak.

3. Memasak ayam sekaligus di satu tempat

Bunda yang sibuk dan mendahulukan kepraktisan seringkali memilih memasak ayam dalam 1 wajan besar. Ternyata teknik memasak seperti ini akan membuat daging ayam tumpang tindih yang menyebabkan kematangannya tidak sempurna.

4. Olive oil

Menuangkan olive oil akan membuat masakan ayam berasap dan terbakar jika terlalu panas. Hal ini malah bisa menimbulkan rasa pahit pada masakan.

Sebaiknya perhatikan juga suhunya, karena jika suhu terlalu tinggi atau melebihi 163 derajat celcius, akan membuat kerak sebelum daging ayam matang.

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(rap/rap)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT