sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanaman Hias Bonsai Cantik untuk Hiasan Sambut Imlek di Rumah

Hilda Irach Jumat, 05 Feb 2021 13:54 WIB
Ilustrasi bonsai caption

Jakarta - Tahun Baru China atau yang biasa disebut Imlek jatuh pada tanggal 12 Februari 2021 nih, Bunda. Momen perayaan ini pasti selalu dinanti-nanti khususnya bagi warga Tionghoa.

Agar momen berkumpul bersama keluarga ini jadi lebih menyenangkan, alangkah baiknya Bunda mulai menghiasi hunian dengan pernak-pernik khas Imlek untuk menciptakan suasana tahun kerbau logam yang lebih berkesan. Mulai dari lampion merah, ukiran kertas, dan tanaman hias.

Tanaman hias yang dianggap mewakili perayaan Imlek adalah bonsai. Bahkan tak jarang, tanaman hias ini menjadi hadiah yang populer untuk diberikan kepada orang-orang tersayang.


Dilansir Bonsai Direct, bonsai melambangkan keharmonisan, kedamaian, keteraturan pikiran, keseimbangan, dan semua yang baik di alam. Oleh karena itu, tanaman artistik satu ini menjadi hadiah yang luar biasa untuk teman dan keluarga di perayaan Imlek.

Bahkan, jika dirawat dengan baik, pohon bonsai disebut-sebut dapat bertahan seumur hidup lho, Bunda.  Nah, kalau Bunda sedang mencari rekomendasi bonsai yang cantik, dikutip dari Better Home Garden, berikut ini 5 tanaman hias bonsai unik untuk hiasan sambut Imlek di rumah.

1. Maple Jepang

Termasuk ke dalam tanaman hias outdoor, Japanese maple  atau maple Jepang paling mudah beradaptasi di kondisi apapun nih, Bunda. Tanaman hias ini memiliki daun yang kuat namun tampak indah dengan banyaknya kultivar yang menampilkan dedaunan cantik berwarna-warni, mulai dari kuning, jingga, hingga merah cerah.

Meski dapat beradaptasi dengan baik, akan lebih baik jika bonsai ini ditempatkan di tempat-tempat yang cerah tetapi teduh, seperti di halaman atau taman rumah. Selain itu, ia juga menyukai jika tanahnya disiram dengan baik, terutama selama musim tanam. 

Nah, untuk pertumbuhan yang lebih baik, jangan ragu untuk memangkas daunnya setiap tahun ya, Bunda. Ini dilakukan guna menjaga ukurannya tetap kecil. Tak lupa, berikan pula pupuk dalam dosis rendah setiap minggunya.

Ilustrasi bonsai jepangIlustrasi bonsai jepang/ Foto: Getty Images/iStockphoto/GlobalP

2. Rock cotoneaster

Disebut juga sebagai Cotoneaster horizontalis, bonsai satu ini paling baik untuk pemula, Bunda. Tanaman hias ini menampilkan daun yang menarik dan dapat berubah warna sesuai musim. Seperti musim semi yang bunganya berwarna putih, dan musim gugur yang berwarna beri merah cerah.

Di habitat aslinya, Cotoneaster horizontalis tumbuh di iklim sedang. Bonsai ini dapat Bunda tempatkan di bawah sinar matahari penuh atau sebagian teduh. Namun, jaga tanaman ini dari panas yang ekstrem ya, Bunda. Pastikan pula tanahnya tidak benar-benar kering.

3. Ara jejawi

Spesies pohon bonsai yang menakjubkan, Indian laurel atau Ficus retusa ini adalah varietas lain yang bagus juga untuk pemula, Bunda. Disebut juga sebagai ara jejawi di Indonesia, bonsai satu ini mudah pulih meski dari kesalahan pemangkasan.

Berbeda dengan maple Jepang, ara jejawi merupakan tanaman indoor yang menarik untuk menghiasi ruang tamu, Bunda.  Sebab, bonsai satu ini menyukai cahaya terang dan tidak langsung.

Di iklim sedang, ara jejawi dapat  ditanam di luar ruangan di tempat yang teduh parsial. Uniknya, batangnya bisa dipelintir secara pahatan, sehingga cocok untuk menciptakan banyak gaya bonsai yang menakjubkan, Bunda.

Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA untuk melihat dua jenis bonsai lain yang cocok untuk Imlek.

Oiya, simak juga video berikut mengenai tanaman di rumah pemeran utama film 50 Shades of Gray.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Ayah Dewi Sandra MualafFoto: Mia Kurnia Sari



Bonsai Unik untuk Hiasan Sambut Imlek di Rumah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!