sign up SIGN UP search


moms-life

Waktu Terbaik Berhubungan Seks, Pagi atau Malam Hari?

Kinan   |   Haibunda Rabu, 17 Feb 2021 21:00 WIB
Closeup shot of a loving mid 20's couple relaxing in bed, cuddling, feeding each other with cookies, laughing and enjoying this weekend afternoon. Front view, They are positioned face to face with their noses touching. caption
Jakarta -

Bagi pasangan suami istri, waktu terbaik untuk berhubungan seks biasanya dilakukan saat malam hari. Tapi bagaimana sebenarnya menurut ilmiah?

Dikutip dari Men's Health, beberapa hasil penelitian justru mengungkap bahwa waktu terbaik berhubungan seks adalah sore hari. Tepatnya pukul 3 sore.

Menurut pakar hormon Alisa Vitti, di waktu tersebut hormonal pria dan wanita berada dalam kondisi yang paling sinkron.


Vitti menyebutkan bahwa pria berada dalam kondisi fisik paling bugar pada pagi dan siang hari, kemudian mencapai puncak estrogen di sore hari. Sementara itu, wanita mengalami puncak kadar kortisol juga pada sore hari.

“Kombinasi tersebut membuat pria lebih emosional saat berhubungan seks dan lebih mampu untuk fokus pada kebutuhan dan kepuasan pasangannya,” ungkap Vitti.

Apabila terasa sulit menyesuaikan waktu untuk berhubungan seks di sore hari, periode lain yang juga dianggap ideal yakni pagi hari. Sebuah studi menuturkan bahwa waktu terbaik untuk berhubungan seks adalah sekitar pukul 7.30 pagi.

Para peneliti menyimpulkan bahwa morning sex membantu melepaskan endorfin yang menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.

Kapan waktu terbaik berhubungan seks agar cepat hamil?

Bagi pasutri yang tengah menjalani program hamil, waktu terbaik yang disarankan lebih mengikuti kondisi tubuh. Seperti dikutip dari Very Well Mind, salah satunya yakni menyesuaikan dengan siklus masa subur.

Masa subur setiap wanita siklusnya berbeda-beda, namun rata-rata satu pekan setiap bulan. Tepatnya pada 2-3 hari sebelum berovulasi.

Simak ulasan lengkapnya di halaman berikut, Bunda.

Simak juga video tips pendidikan seks dari Ivy Batuta:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Nia RamadhaniFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari



WAKTU TERBAIK BERHUBUNGAN SEKS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!