sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tips Menggoreng Kulit Ayam Agar Krispi dan Gurih

Zika Zakiya Senin, 01 Mar 2021 10:56 WIB
Ilustrasi kulit ayam caption
Jakarta -

Selain daging, kulit ayam juga menjadi salah satu menu andalan di rumah karena rasanya yang krispi dan gurih. Tapi untuk membuatnya kulit ayam macam ini ternyata susah-susah gampang ya, Bun.

Salah pengolahan malah akan membuat kulit ayam lunak dan berminyak. Keliru menakar jumlah minyak pun akan membuat kulit ayam kurang sedap. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Dilansir Endeus TV, ternyata ada tips tertentu agar membuat kulit ayam krispi dan gurih. Disimak ya, Bun!


Banner kiat khusus merawat janda bolongFoto: HaiBunda

1. Pisahkan kulit dan lemak
Untuk membuat kulit ayam krispi adalah dengan memisahkan kulit dan lemak ayam. Buang semua lemak yang menempel pada kulit ayam lalu cuci hingga bersih.

Lemak pada kulit ayam dapat memperlambat proses penggorengan ayam krispi sehingga susah untuk membuatnya kriuk. Membuang lemak juga bertujuan untuk menghindari bau tengik pada kulit ayam. Jadi, sekalipun tanpa lemak, kulit ayam tetap bisa gurih dan lezat.

2. Rendam dengan air kulit kapur sirih
Larutkan kapur sirih di air lalu tunggu hingga muncul endapan di permukaan air. Nah, Bunda gunakan air yang di bawah endapan, itulah air kapur sirih.

Masukkan kulit ayam ke dalam rendaman air kapur sirih dan biarkan selama sejam. Setelah itu bilas hingga bersih.

Ilustrasi ayam gorengIlustrasi ayam goreng/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Vladimir Mironov

3. Beri bumbu
Pada dasarnya kulit ayam sudah memiliki rasa gurih. Tetapi Bunda bisa menambahkan bumbu penyedap seperti merica, garam, dan bubuk bawang putih, taburkan sedikit saja.

Setelah kulit dibumbui maka selanjutnya adalah mencelupkan kulit ayam pada putih telur yang telah dikocok. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting semua kulit ayam telah terlapisi oleh putih telur.

Terakhir, campurkan ke dalam tepung beras. Tujuannya adalah untuk membuat kulit ayam lebih krispi dan tahan lama.

4. Goreng dengan banyak minyak
Langkah pamungkas adalah dengan menggoreng kulit ayam menggunakan banyak minyak. Teknik ini biasa disebut dengan deep frying artinya kulit ayam digoreng hingga semuanya terendam oleh minyak.

Pilihlah minyak yang berkualitas agar hasil hidangan tetap sehat. Gunakan api besar untuk mencegah terjadinya kegosongan pada kulit ayam.

Simak juga tips berikut mengenai cara menyimpan ayam dan ikan agar tahan lama.

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!