sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletup dan Buang-buang Minyak

Zika Zakiya Rabu, 24 Feb 2021 07:05 WIB
Ilustrasi menggoreng ikan Ilustrasi menggoreng ikan/Foto: Getty Images/iStockphoto/cnicbc
Jakarta -

Menggoreng ikan kurang lebih sama seperti menggoreng ayam. Di mana Bunda membutuhkan banyak minyak sehingga kerap kali meletup dan menyakiti kulit.

Letupan minyak ini juga bisa merugikan, Bun. Sebab, minyak yang terbuang akibat letupan sudah tidak bisa digunakan lagi dan membuat budget dapur bertambah.

Kita minimalkan yuk pengeluaran ini dengan cara menggoreng ikan tidak meletup. Adapun tips yang dilansir dari Endeus TV antara lain:


Banner tanaman hias

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Meletup Saat Digoreng:

1. Ikan harus segar
Pastikan Bunda memasak ikan yang segar saja ya. Pasalnya, ikan yang kurang segar akan mudah rapuh ketika digoreng.

Agar menggoreng ikan lebih mudah, Bunda juga bisa menggunakan ikan yang berukuran lebih kecil dan tidak banyak lemak. Ikan minim lemak akan menghasilkan ikan goreng yang krispi di luar dan lembut di dalam.

2. Keringkan ikan lebih dulu
Salah satu penyebab minyak meletup adalah adanya kehadiran air dalam bahan yang digoreng. Maka itu pastikan ikan dalam kondisi kering.

Tips goreng ikanTips goreng ikan/ Foto: iStock

Bunda bisa mengeringkan ikan lebih dulu dengan dibungkus tisu lebih dulu. Tapi jika Bunda sudah terlanjur merendam ikan dengan bumbu, silakan ditiriskan lebih dulu ya sebelum menggorengnya.

3. Wajan harus dalam kondisi panas
Kebiasaan sebagian besar orang ketika memanaskan minyak adalah menuangkan minyak ketika wajan dalam keadaan dingin dan kemudian baru memanaskan minyak. Padahal cara ini akan memengaruhi hasil bahan makanan yang digoreng.

Agar ikan tidak lengket ketika digoreng, Bunda bisa memanaskan wajan terlebih dahulu sebelum menuang minyak. Lalu tunggu sebentar hingga minyak panas.

Selain itu suhu panas untuk menggoreng ikan juga harus tepat. Suhu minyak yang panas tinggi akan membuat ikan bertekstur renyah. Salah satu cara melihat apakah minyak sudah panas adalah dengan mencelupkan sendok kayu ke dalam minyak. Kalau muncul gelembung, berarti minyak sudah panas.

4. Jangan terlalu sering dibolak-balik
Salah satu faktor yang membuat bentuk ikan kurang bagus adalah jangan terlalu sering membolak-balik ikan. Sebelum satu bagian ikan kering sempurna, biasanya ikan akan hancur ketika dibalik karena teksturnya yang belum kokoh.

Simak juga tips dapur berikut Bun mengenai cara menyimpan ikan agar tahan lebih lama.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi