sign up SIGN UP search


moms-life

Seperti Apa Warna Darah Haid yang Perlu Dikhawatirkan?

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 15 Mar 2021 14:23 WIB
Asian beautiful women feel menstrual cramps and stomachache after menstruation.Hand holding stomach and belly after taking a medication.Problem and disorder of female body. caption

Fase haid antara Bunda dengan sebagian Bunda lainnya mungkin akan berbeda satu sama lain. Tetapi, secara umum jika dilihat dari warna, maka akan dianggap sama saja yakni merah. Padahal, warna darah haid berbeda-beda, lho Bun.

Penyebab warna darah haid berbeda-beda adalah periodenya keluar dari tubuh. Memang tidak semua Bunda akan memerhatikan perubahan periode warna darah haid yang dialami, padahal masing-masing warna tersebut memiliki arti sendiri-sendiri.

Sepanjang siklus bulanan Bunda, ada hari-hari tertentu di mana warna darah haid Bunda bisa tampak merah cerah, merah hati, dan lainnya hampir seluruhnya berwarna gelap atau hitam.


Pada dasarnya, perubahan warna darah haid tersebut memang hal yang normal, sehingga Bunda tak perlu khawatir secara berlebihan. Tapi, perlu Bunda ingat yakni ketika warna, volume, atau waktu haid berubah di luar kebiasaan sampai beberapa periode haid berturut-turut, mungkin itulah alasan yang tepat untuk segera menghubungi dokter dan konsultasi ikan keluhan yang Bunda alami.

Banner daun calathea

"Apa pun yang berbeda dari biasanya adalah sesuatu yang harus Bunda perhatikan untuk dikonsultasikan kepada dokter. Perubahan warna dapat mewakili hal yang berbeda dan tidak semua alasan harus menimbulkan kekhawatiran," ujar Dr Christine Greves, seorang obgyn dari Orlando Health Winne Palmer Hospital, dikutip dari laman Forbes.

Greves mengatakan bahwa pada umumnya siklus haid yang berlangsung antara 21 dan 45 hari dianggap normal. Rata-rata lama siklus haid ialah 28 hari dan hal itu dianggap biasa jika berlangsung kira-kira dengan durasi yang sama setiap bulannya. Sehingga, sangatlah wajar jika haid Bunda akan berubah sepanjang siklus dan dapat memberikan wawasan yang luas tentang kesehatan Bunda secara keseluruhan.

Lanjut baca halaman selanjutnya ya.

Bunda yang sering merasa nyeri haid tak tertahankan juga bisa temukan makanan pereda nyeri, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PERBEDAAN WARNA DARAH HAID DALAM SETIAP SIKLUS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!