mom-life

Pakai KB Spiral Darah Haid Jadi Lebih Banyak, Wajarkah?

Annisa Karnesyia Rabu, 03 Apr 2019 18:01 WIB
Pakai KB Spiral Darah Haid Jadi Lebih Banyak, Wajarkah?
Jakarta - Menentukan jenis alat kontrasepsi yang aman dan enggak bikin 'kebobolan' memang bukan hal yang mudah. Nah, salah satu alat kontrasepsi yang dianggap wanita aman dan nyaman adalah IUD atau KB spiral.

"IUD merupakan alat kontrasepsi yang ditanam dalam tubuh. KB spiral juga bersifat jangka panjang dan memiliki efektivitas tinggi untuk menunda kehamilan sebanyak 99 persen," kata dr.Tirsa Verani, SpOG dari Rumah Sakit Brawijaya Antasari, dalam Talkshow #AktifTanpaAnemia bersama DKT Indonesia, di Hotel Royal tulip Gunung Geulis, Bogor, baru-baru ini.

Namun, pemasangan KB spiral sering dikeluhkan oleh beberapa wanita. Salah satunya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan darah haid jadi lebih banyak


Menurut Tirsa, butuh waktu untuk tubuh bisa beradaptasi dengan pemasangan IUD di rahim. Pola haid yang tidak teratur wajar terjadi di awal pemakaian KB spiral, yaitu 3 sampai 6 bulan setelah pemakaian.

"Saat ada benda asing baru di rahim, tubuh pasti terasa enggak nyaman. Rahim dan endrometrium juga akan bereaksi atau bisa karena spotting menstruasi akibat peradangan dan inflamasi," ujar Tirsa.

Bgi Tirsa, terjadinya perubahan siklus haid dan meningkatnya darah haid adalah hal yang wajar terjadi pada wanita. Ini terjadi sebagai reaksi normal tubuh manusia yang akan mencari keseimbangan baru jika mendapat stimulasi.

Namun, bila darah menstruasi dan siklusnya tetap kembali normal dalam jangka waktu lama, Tirsa menyarankan Bunda segera kontrol ke dokter. Biasanya, dokter akan secepatnya melakukan tindakan yang sesuai dengan kondisi Bunda.

"Bila darah yang keluar selalu banyak dan menimbulkan gejala lainnya seperti lemas atau pusing, segera konsultasi ke dokter. Bisa saja itu terjadi karena tidak cocok dengan IUD. Dokter biasanya akan memberikan obat tambahan atau alternatif kontrasepsi lainnya yang aman bagi ibu," tutup Tirsa.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi