sign up SIGN UP search


moms-life

7 Penyebab Wanita Sulit Orgasme, Bunda Pernah Mengalaminya?

Kinan Kamis, 25 Mar 2021 21:37 WIB
Wanita sering kali dianggap lebih sulit orgasme dibandingkan pria. Apakah Bunda pernah mengalaminya? Ternyata ini berbagai penyebabnya, Bunda. caption

Keluhan sulit orgasme atau orgasmic dysfunction merupakan kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk orgasme saat berhubungan seks. Kondisi ini bahkan bisa terjadi ketika sudah ada rangsangan maksimal.

Dikutip dari Healthline, sulit orgasme yang terjadi pada wanita dikenal dengan sebutan female orgasmic dysfunction. Pria juga dapat mengalami keluhan ini,  namun lebih jarang.

Orgasme diartikan sebagai perasaan kenikmatan intens yang terjadi selama aktivitas seksual dan ada rangsangan. Setiap orang memiliki intensitas, durasi dan frekuensi berbeda-beda.


Banner Tanaman Hias untuk Bisnis Rumahan

Pada wanita, sulit orgasme umumnya terjadi karena ada kombinasi dari masalah fisik, emosional dan psikis. Beberapa di antaranya yang umum terjadi yakni:

1. Konsumsi minuman beralkohol terlalu banyak

Dilansir Independent, terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol dapat memengaruhi aliran darah ke klitoris. Menurut ginekolog Dr Shree Datta, area vulva ini membutuhkan rangsangan untuk mencapai orgasme.

2. Masalah komunikasi

Terapis psikoseksual Kate Moyle menyebutkan bahwa komunikasi yang buruk juga bisa berdampak pada sulit orgasme. Jadi, guna meningkatkan peluang orgasme, pasutri harus bisa memberi tahu pasangan tentang apa yang diinginkan saat berhubungan seks.

Bersikap pasif dan enggan memberi tahu seperti apa aktivitas seks yang disukai bisa menghalangi peluang orgasme. 

3. Kurang percaya diri

Tidak merasa nyaman dengan tubuh dan kondisi diri sendiri dapat berdampak buruk pada kehidupan seks. 

"Terlalu menganggap rendah diri sendiri bisa menghambat rasa nyaman. Sebab pikiran negatif mencegah kita menikmati sentuhan fisik, bahkan dari pasangan," tutur Moyle.

4. Kondisi medis

Ada sejumlah kondisi medis yang dapat membuat wanita sulit orgasme atau bahkan tidak bisa mengalaminya seumur hidup. "Termasuk salah satunya multiple sclerosis, yang dapat memengaruhi kemampuan wanita untuk mencapai klimaks," imbuh Datta.

Beberapa masalah kesehatan lain yang juga dapat memicu sulit orgasme di antaranya diabetes, riwayat histerektomi dan konsumsi obat depresi.

Apa lagi penyebab sulit orgasme pada wanita? Simak di halaman selanjutnya!

Simak juga video kunci efektivitas senggama putus:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB WANITA SULITT ORGASME
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi