sign up SIGN UP search


moms-life

Mengenal Rangkaian dan Makna Ibadah Menyambut Hari Paskah

Tim HaiBunda Kamis, 01 Apr 2021 20:10 WIB
TUGURAN DAN JUMAT AGUNG
Empty tomb of Jesus at sunrise with crosses in background caption

4. Tuguran (Kamis tengah malam, 1 April 2021)

Di hadapan Sakramen Mahakudus, Renungan akan Tuhan Yesus yang memasuki Kisah SengsaranNya, mulai di Getsemani, ditangkap, diadili, dan seterusnya. Menemani dan berjaga-jaga bersama Tuhan Yesus. Tuguran dilakukan masing-asing keluarga di rumah masing-masing.

5. Jumat Agung (Jumat, 2 April 2021)

Ibadat Jumat Agung merenungkan dan memperingati misteri sengsara dan wafatnya Yesus disalib demi menebus dosa umat manusia. Dilakukan penghormatan salib bagi umat yang hadir dengan cara menghormati dari tempat duduk masing-masing ke depan yaitu petugas akan mengangkat Salib di bagian depan dan penerimaan komuni.

Mengapa disebut Jumat Agung? Romo Adi mengatakan, karena dari tradisi Injil. pada hari Jumat itulah Yesus mengalami sengsara dan wafat disalib. Maka dalam perayaan Jumat Agung akan dibacakan lagi kisah sengsara dalam hidupnya. Bahkan kisahnya itu dinyanyikan karena ingin dirayakan kembali kisah pengorbanan Tuhan bagi umat manusia. Kisah pengorbanannya itu dinyanyikan dengan syahdu.


"Dan juga ada penghormatan Salib. Karena Salib persis menjadi simbol dan tempat di mana Yesus mengorbankan diri sebagai penebus," kata Romo Adi.

VIGILI PASKAH DAN MINGGU PASKAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi