sign up SIGN UP search


moms-life

Mengenal Rangkaian dan Makna Ibadah Menyambut Hari Paskah

Tim HaiBunda Kamis, 01 Apr 2021 20:10 WIB
VIGILI PASKAH DAN MINGGU PASKAH
Empty tomb of Jesus at sunrise with crosses in background caption

6. Vigili Paskah / Malam Paskah / Malam Tirakatan Kebangkitan Tuhan (Sabtu, 3 April 2021)

Pada pagi hari memasuki masa yang disebut Sabtu Suci / Sabtu Sepi. Merenungkan penderitaan wafat dan masuknya Tuhan ke dunia orang mati dan menantikan kebangkitan dengan puasa dan doa.

Pada sore harinya dilakukan Misa Malam Paskah yang dikenal dengan Vigili Paskah. Vigili dari Bahasa Latin yang artinya berjaga-jaga / bersiap-siap. Artinya berjaga bersama Yesus Kristus yang beralih dari kematian menuju kebangkitan.

Ada Upacara Cahaya dan Exsultet, Liturgi Sabda (9 bacaan lengkap), Liturgi baptis dengan pembaharuan janji baptis dan Liturgi Ekaristi. Dilakukan penyalaan lilin paskah dengan penyalaan api baru.


"Nah, perayaan [Paskah] ini karena sebagai puncak, maka dirayakannya sejak Sabtu sore sampai Minggu. Jadi ada rangkaian ibadah Sabtu sore disebut Vigili Malam Paskah. Malam sebelum kebangkitan Yesus itu diselamatkan," tutur Romo Adi.

7. Minggu Paskah (Minggu, 4 April 2021)

Misa Minggu Paskah merayakan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus yang memperoleh kemenangan melawan maut. "Jadi dalam Minggu Paskah, umat Kristiani mengimani bahwa Yesus, setelah 3 hari wafat, dan dikubur. Yesus bangkit," ungkap Romo Adi.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Paskah ini adalah puncak peribadatan dan puncak iman Umat Katolik. Puncaknya. Dalam Paskah ini lah, istilahnya keselamatan itu diwartakan bahwa kasih Tuhan itu tanpa batas. Dan pribadi Ilahi yang mengorbankan diri dengan disalib yaitu Yesus itu dibenarkan oleh Allah, dan diselamatkan dengan cara dibangkitkan.

"Seluruh umat Gereja bersukacita, Yesus dibangkitkan oleh Bapa di hari Paskah," katanya.

Selama masa pandemi COVID-19 ini, semua ritual liturgi dibuat sesederhana mungkin, sesingkat mungkin tanpa mengurangi kekhusukan dan keagungan misteri yang dirayakan. Protokol kesehatan secara ketat tetap tidak dapat dipisahkan dalam perayaan liturgi selama masa Prapaskah hingga masa paskah.

(aci/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi