sign up SIGN UP search


moms-life

Waktu Terbaik Berhubungan Intim dan Mandi Wajib Saat Ramadhan

Kinan   |   Haibunda Kamis, 15 Apr 2021 21:45 WIB
BAGAIMANA JIKA TAK SEMPAT MANDI WAJIB?
Agar aktivitas seks tak mengganggu puasa, kapan sebenarnya waktu terbaik berhubungan intim dan mandi wajibnya ya, Bunda? Simak jawabannya di sini. caption

Hadits riwayat Bukhari dan Muslim menceritakan pengalaman Rasulullah SAW yang masih dalam kondisi junub di pagi hari puasa sebagaimana keterangan istrinya. Dikatakan puasa yang dijalani oleh Rasulullah SAW di hari tersebut tidak berkekurangan sesuatu apapun.

“Orang yang berpuasa boleh menunda mandi junub hingga waktu setelah fajar terbit. Tetapi yang lebih utama adalah ia menyegerakan mandi wajib sebelum terbit fajar atau sebelum Subuh,” (Syekh Hasan Sulaiman An-Nuri dan Syekh Alawi Abbas Al-Maliki).

Ini berarti Bunda tak perlu khawatir jika tertidur dan belum sempat mandi wajib setelah imsak, puasa bisa tetap dilanjutkan. Terpenting, segera lakukan mandi wajib supaya bisa menjalani salat Subuh.


Lalu, apabila Bunda terbangun saat masih ada sisa waktu untuk sahur, tapi belum sempat mandi wajib, basuh alat kelamin dan berwudhu terlebih dahulu.

Syekh Ibnu Hajar al-Haitami dalam Minhaj al-Qawim mengatakan bahwa dimakruhkan bagi junub untuk makan, minum, tidur, dan bersetubuh sebelum membasuh kemaluan dan berwudhu.

Puasa tidak mensyaratkan pelakunya untuk suci dari hadats besar. Oleh sebab itu, umat muslim yang masih dalam keadaan hadats besar saat masuk waktu Subuh, selama berniat maka puasanya sah dan tidak batal.

Meskipun begitu, tetap akan lebih baik jika segera mandi wajib setelah berhubungan intim ya, Bunda.

(kuy/kuy)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!