sign up SIGN UP search


moms-life

8 Makanan Enak yang Bisa Diolah Pakai Sisa Ketupat Lebaran

Arina Yulistara Sabtu, 15 May 2021 14:42 WIB
Ketupat Lebaran masih sisa? Simak delapan deretan makanan enak yang bisa diolah pakai sisa ketupat Lebaran. Dicoba yuk, Bunda! caption

Ketupat Lebaran masih sisa? Jika bosan mengonsumsi ketupat dengan opor ayam, Bunda bisa memanfaatkannya untuk makanan lain.

Beragam makanan khas Indonesia cocok dipadukan dengan ketupat. Yuk coba mengolah sisa ketupat Lebaran menjadi makanan enak agar tidak bosan dengan menu opor ayam. 

Selain menghilangkan kebosanan, variasi makanan enak lain yang cocok diolah menggunakan ketupat juga dapat meningkatkan nafsu makan. Bunda bisa memilih variasi makanan enak dengan santan maupun tidak.


Simak delapan deretan makanan enak yang bisa diolah pakai sisa ketupat Lebaran. Dicoba yuk, Bunda!

1. Pecel

Selain menggunakan nasi, pecal yang menjadi salah satu makanan enak tradisional Indonesia juga cocok dipadukan dengan lontong. Bunda bisa memanfaatkan sisa ketupat Lebaran dengan pecal bumbu kacang.

Tidak lupa tambahkan peyek yang menyempurnakan rasanya. Selain menghilangkan kebosanan, pecal tentu lebih sehat karena tak memakai santan.

2. Ketoprak

Satu bulan puasa Ramadhan tak pernah mengonsumsi ketoprak? Mungkin ini saatnya membuat ketoprak sendiri di rumah. Bunda bisa memanfaatkan sisa ketupat Lebaran untuk menjadi ketoprak sebagai sarapan pada hari keempat atau kelima setelah Idul Fitri. 

3. Sate

Sisa ketupat Lebaran sangat cocok dipadukan dengan aneka masakan sate. Bunda bisa membuat perayaan kecil-kecilan pada malam hari dengan memasak sate sendiri.

Sate ayam, daging, atau maranggi bisa menjadi pilihan yang lezat untuk dinikmati bersama keluarga. Tidak lupa tambahkan acar dan sambal agar sajian sate semakin nikmat.

4. Coto Makassar

Buat Bunda yang rindu kampung halaman, manfaatkan sisa ketupat Lebaran untuk dipadukan dengan coto makassar. Masakan tradisional khas Makassar itu memang disajikan dengan lontong. 

Coto makassar mampu menghilangkan kebosanan akan opor ayam dan makanan bersantan lainnya. Rasa kuahnya tentu juga terasa segar disantap pada siang maupun malam hari.

5. Mie Ayam atau Bakso

Mie ayam atau bakso menjadi menu yang dicari sehari setelah Lebaran. Kebosanan akan makanan bersantan membuat mie ayam dan bakso sungguh menarik perhatian.

Coba sajikan mie ayam dan bakso dengan sisa ketupat Lebaran. Bahkan mie ayam atau bakso lontong juga sudah populer dan terlihat kekinian.

RUJAK CINGUR, KIKIL, HINGGA KUPAT TAHU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!