sign up SIGN UP search


moms-life

Jangan Lupakan 'Cuddle', Aktivitas Intim Pasutri Selain Hubungan Seks

Kinan Kamis, 27 May 2021 21:45 WIB
ilustrasi pasangan caption

Bagi pasangan suami istri, keintiman seringkali dikaitkan dengan hubungan seks. Padahal ada aktivitas lain yang juga dapat menambah keintiman selain melalui seks, yaitu cuddle. Nah, apa itu cuddle?

Dikutip dari Psychology Today, cuddle adalah sentuhan dan kontak skin-to-skin alias berpelukan. Saat melakukan cuddle, tubuh melepaskan oksitosin. Dikenal sebagai hormon 'cinta', rasa nyaman dan tenang pun bisa dirasakan.

"Cuddle tak harus selalu berujung pada hubungan seks. Ini lebih kepada meningkatkan kedekatan secara emosional dengan pasangan," tutur pakar seks dan relationship, Sarah Hunter Murray Ph.D.


Aktivitas cuddle juga dapat dilakukan setelah berhubungan intim sebagai 'penutup'. "Pastikan suami istri sering melakukan cuddle untuk menjaga kedekatan emosi," imbuhnya.

Manfaat cuddle bagi kesehatan

Tak cuma mendekatkan diri dengan pasangan, cuddle juga memiliki manfaat bagi kesehatan, lho. Beberapa di antaranya yaitu:

Meningkatkan keintiman seksual

Cuddle sering kali mengarah pada keintiman fisik, tetapi berpelukan setelah bercinta juga penting. Menurut sebuah studi tahun 2014, pasangan yang berpelukan setelah berhubungan seks melaporkan kepuasan seksual yang lebih tinggi.

Membantu mendekatkan diri secara emosi

Penelitian menyebutkan bahwa sentuhan adalah cara efektif untuk menyampaikan emosi seperti cinta, syukur, dan simpati. Kebahagiaan dan kesedihan juga bisa disampaikan melalui sentuhan. Salah satunya dengan cuddle.

Menurunkan tekanan darah

Sentuhan memiliki efek menenangkan yang dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa berpegangan tangan dan berpelukan dalam waktu singkat dapat menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi sendiri sering dikaitkan dengan penyakit jantung dan stroke. 

Meredakan stres dan kecemasan

Menurut sebuah studi tahun 2004, sentuhan dalam bentuk memeluk dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Caranya yakni dengan meningkatkan dopamin dan serotonin dalam tubuh.

Kedua neurotransmiter ini membantu mengatur suasana hati. Dopamin juga mengatur pusat kesenangan di otak. Tubuh pun akan menjadi lebih rileks.

Membantu meredakan nyeri

Terlepas dari aktivitas seksual, Cuddle menjadi salah satu bentuk sentuhan terapeutik, bahkan mungkin memiliki kekuatan untuk mengurangi rasa sakit. Sentuhan terapeutik adalah metode meletakkan tangan di atas atau di dekat tubuh untuk menyeimbangkan energi dan meningkatkan penyembuhan alami.

Apa saja posisi cuddle yang bisa dicoba? Intip di halaman selanjutnya yuk, Bunda!   

Kendalikan kehamilan dengan hitung tanggal tepat untuk berhubungan seks. Simak tipsnya di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



VARIASI POSISI CUDDLE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!