sign up SIGN UP search


moms-life

7 Fungsi Air Purifier, Benarkah Bisa Kurangi Risiko Tertular Corona?

Arina Yulistara Rabu, 02 Jun 2021 12:04 WIB
Close-up of female hand turning on an air purifier and ionizer caption

Air purifier kini banyak diandalkan ibu-ibu di rumah, terutama yang memiliki anak kecil. Selain udara di rumah menjadi lebih segar, air purifier juga dianggap bisa membuat tubuh semakin rileks. Tapi, fungsi air purifier lebih dari itu, Bunda.

Di tengah pandemi COVID-19, fungsi air purifier mungkin akan lebih terasa. Sebagai alat penjernih udara, benarkah air purifier bisa mengurangi risiko penyebaran virus corona?

Seiring berkembangnya teknologi, air purifier terbaru sudah dilengkapi dengan filter HEPA (high efficiency particulate air). Filter tersebut mampu menangkap partikel dengan berbagai ukuran dalam jaring berlapis yang biasanya terbuat dari fiberglass.


Maka dari itu, air purifier dipercaya bisa membantu mengurangi risiko tertular corona. Yuk simak penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi air purifier yang mungkin belum Bunda ketahui.

Banner Ibunda Celine Hamil KembarBanner Ibunda Celine Hamil Kembar/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

1. Mengurangi Risiko Tertular Corona

Dilansir dari Consumer Reports, para ahli kualitas udara dan virologi menyatakan kalau air purifier bisa mengurangi risiko penularan corona tapi tidak dalam skala besar. 

Ketika air purifier dengan filter HEPA diletakkan dalam sebuah ruangan isolasi yang terdapat pasien COVID-19 maka bisa membantu melindungi anggota keluarga atau tenaga medis.

Belum ada bukti langsung bahwa filter tersebut bisa bekerja dengan baik untuk mengurangi penularan virus corona jenis terbaru.

“Selama wabah SARS pada 2003, Otoritas Rumah Sakit Hong Kong merekomendasikan untuk menggunakan pemurni udara portabel dengan HEPA filter untuk membantu mengurangi risiko penularan ke tenaga medis,” ujar Jeffrey Siegel, ahli kualitas udara dalam ruangan dan profesor teknik sipil di University of Toronto.

Dengan kata lain, fungsi air purifier tetap tidak bisa diandalkan sebagai alat pencegahan penyebaran virus COVID-19, hanya akan mengurangi tingkat penularannya. Bila ingin lebih efektif maka disarankan menjaga sirkulasi dalam ruangan yang baik.

Meski demikian, Bunda tetap bisa mempertimbangkan untuk memiliki air purifier di rumah, baik di kamar maupun di ruangan tempat berkumpulnya keluarga, guna mendapatkan fungsi penjernih udara.

Baca fungsi air purifier lainnya di halaman berikutnya, Bunda.

FUNGSI LAIN DARI AIR PURIFIER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!