sign up SIGN UP search


moms-life

Jaga Kebersihan Rumah dengan Disinfeksi, Begini Caranya Bun

Siti Hafadzoh Minggu, 22 Nov 2020 18:07 WIB
Mature woman cleaning and disinfects table in home office with a disinfectant and a rag. On the table is a model of a corona virus. caption
Jakarta -

Di tengah pandemi corona, penting lho untuk menjaga kebersihan, termasuk barang-barang milik Bunda dan keluarga. Nah, Bunda dapat membersihkan lingkungan dengan melakukan disinfeksi.

Namun, supaya efektif, disinfeksi harus dilakukan secara benar ya. Bagaimana cara melakukan disinfeksi yang tepat?

Dikutip dari Buku Saku Desa Tangguh COVID-19, berikut cara melakukan disinfeksi:


1. Perhatikan bahan aktif yang ada dalam disinfektan dan ikuti petunjuk penggunaan yang ada pada label produk.

2. Kalau menggunakan klorin sebagai disinfektan, campur 4 sendok teh klorin dengan 1 liter air. Jangan campur klorin dengan bahan pembersih lainnya ya, Bunda.

3. Ketika melakukan disinfeksi, sebaiknya gunakan sarung tangan yang sekali pakai. Hindari penggunaan sarung tangan yang sama untuk aktivitas lain, seperti mencuci piring.

4. Selama melakukan disinfeksi, pastikan ventilasi baik. Buka pintu dan jendela ya.

5. Bersihkan dulu permukaan kotor dengan sabun atau deterjen dan air.

6. Khusus alat elektronik, ikuti petunjuk disinfeksi dari produknya ya. Jika tidak ada petunjuk produk, Bunda bisa membersihkan barang elektronik dengan tisu basah atau semprotan yang berisi alkohol minimal 70 persen.

Ingat ya, Bunda disinfektan itu untuk membersihkan barang-barang yang ada di sekitar kita. Disinfektan tidak perlu disemprot ke manusia.

Nah, selain menjaga kebersihan, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan. Selalu #ingatpesanibu #ingatpesanbunda guna memutus rantai COVID-19 seperti yang dikampanyekan #SatgasCOVID19 dengan #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitangan.

Lihat juga penjelasan kenapa lansia lebih rentan terpapar virus corona berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi