sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Memilih Warna Cat Dinding Luar Rumah Minimalis

Vauri Audia Rabu, 09 Jun 2021 03:00 WIB
Pagar Rumah Minimalis caption

Cat adalah salah satu hal yang dapat membuat tampilan rumah minimalis Bunda jadi jauh lebih menarik. Sebaliknya, kalau salah pilih, rumah Bunda juga bisa tampak buruk. Penting untuk memilih warna cat yang tepat, terutama untuk bagian luar.

Sebelum melihat ke dalam rumah, tentu semua orang akan menilai dari tampilan depannya terlebih dahulu. Pola warna yang dipilih untuk eksterior rumah pastinya memang akan berdampak besar bagi keseluruhan gaya arsitektur rumah Bunda.

Namun, seringkali seseorang kurang memiliki pertimbangan ketika memilih cat rumah yang akan menyebabkan tampilan luar rumah menjadi kurang menarik.


Dilansir dari sumber The Spruce, berikut adalah 6 tips tentang bagaimana memilih pola warna cat eksterior yang benar-benar akan membuat penampilan luar rumah Bunda makin tampak keren.

1. Pelajari Detail Arsitektur Rumah

Periksa terlebih dahulu elemen-elemen yang bertahan lama, seperti batu, lantai, dan atap rumah sebelum Bunda memilih warna eksterior. Sebagian besar fitur ini memiliki “nada” yang mungkin memengaruhi palet rumah minimalis. Pilih warna cat yang akan menyelaraskan elemen-elemen permanen ini. 

Selain itu, perhatikan juga detailnya, seperti garis atap fascia, dan detail atap lainnya yang bisa menggunakan warna aksen. Daun jendela, trim kusen jendela dan pintu, serta warna pintu depan rumah dapat menjadi sumber warna cat aksen.

2. Pilih yang Tahan Cuaca

Warna cat biasanya dipengaruhi oleh lingkungan, naungan, matahari, cuaca, dan waktu. Dengan demikian, pilihlah cat yang tahan akan cuaca atau weatherproof. Hal ini karena cat yang memiliki kandungan bagus ini dapat mencegah timbulnya jamur pada dinding akibat air hujan.

Jangan lupa, pastikan warna yang Bunda pilih serasi dengan warna atap, ya.

3. Dapatkan Saran dari Konsultan Cat Warna

Mengecat rumah sama halnya dengan menjadi seorang seniman. Bunda harus bisa menuangkan kreativitas dalam memainkan warna pada dinding rumah minimalis. Semua ini akan menghabiskan banyak waktu dan usaha jika Bunda tak memiliki inspirasi untuk dikembangkan.

Daripada repot mengurusnya, mintalah bantuan dari pakar cat dinding rumah, ahli dekorasi, konsultan warna, dan bahkan arsitek. Para profesional ini memiliki banyak pengalaman dan dapat memberi masukan kepada Bunda tentang cat luar ruangan terbaik yang akan digunakan.

Untuk tips lainnya, klik halaman selanjutnya, Bunda!

PERTIMBANGKAN FINISHING DAN DAYA TARIK TEPI JALAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!