sign up SIGN UP search


moms-life

10 Jenis Kerusakan Cat di Rumah Minimalis dan Solusinya

Vauri Audia Kamis, 10 Jun 2021 04:00 WIB
JAMUR HINGGA KELEMBAPAN EKSTRIM
cat rumah caption

6. Mildew

Mildew adalah jamur yang tumbuh pada permukaan lapisan cat dan dempul yang biasanya ditandai dengan bercak atau bintik berwarna abu-abu, hitam, coklat, dan hijau. Hal ini pada umumnya disebabkan karena kelembapan udara yang tinggi, minimnya ventilasi, dan kurangnya pencahayaan sinar matahari langsung. 

Solusinya, gunakan larutan anti jamur untuk membersihkan mildew sebelum melakukan pengecatan ulang. Hal ini karena jamur tetap dapat tumbuh, meskipun telah ditimpa dengan lapisan cat di atasnya.

7. Perubahan Warna Karat

Masalah ini ditandai dengan noda berwarna karat, coklat kemerahan hingga hitam pada permukaan cat. Umumnya disebabkan oleh paku yang tidak tahan korosi digunakan untuk memasang pelapis dinding, bukan paku berlapis seng atau baja tahan karat, pelapukan atau pengamplasan yang berlebihan.


Untuk mencegah karatan, jika memungkinkan, Bunda bisa mengganti paku baja dengan paku baja galvanis atau stainless. Selain itu, jika paku berkarat tidak dapat dihilangkan, hilangkan karat dengan mengampelas kepala paku ke logam kosong dan menenggelamkannya. 

8. Cat Terkelupas karena Adhesi yang Buruk

Cat terkelupas adalah masalah cat yang sangat umum yang dapat disebabkan oleh kelembapan atau daya rekat yang buruk. Pengelupasan karena daya rekat yang buruk ditandai dengan cat terkelupas dan terpisah dari lapisan cat sebelumnya.

Pada umumnya masalah ini disebabkan karena persiapan pra pengecatan yang buruk, cat berkualitas rendah, atau cat berbasis minyak diaplikasikan di atas permukaan yang masih basah. Solusinya, kikis cat lama yang mengelupas, dempul sesuai kebutuhan lalu cat ulang.

9. Cat Terkelupas karena Kelembapan dari Luar

Pengelupasan yang berhubungan dengan kelembaban pada dinding yang biasanya ditandai dengan pengelupasan berukuran besar, seperti di sekitar jendela, pintu, dan selokan. Penyebabnya cat diaplikasikan saat permukaan basah karena kondensasi atau hujan.

Untuk mengatasinya, hilangkan sumber kelembapan dengan memasang exhaust fan, soffit vents, side vents, louver, fan, atau dehumidifier, atau bisa juga memperbaiki dan ganti dempul yang hilang atau rusak.

10. Cat Terkelupas karena Kelembapan dari Dalam

Cat terkelupas adalah masalah cat yang sangat umum yang dapat disebabkan oleh kelembapan atau daya rekat yang buruk. Kelembaban yang berasal dari belakang lapisan cat, atau kelembapan bagian depan yang memaksa menembus lapisan cat, dapat menyebabkan jenis kegagalan cat ini.

Kemungkinan penyebabnya adanya area dengan kelembapan tinggi, seperti kamar mandi, dapur, hot tub, dan area basement yang basah, telah menciptakan kelembapan yang menembus lapisan cat. Cara mengatasinya dengan memberi ventilasi pada area dengan kelembapan tinggi, seperti kamar mandi.

Demikian 10 permasalahan kerusakan cat yang kerap terjadi di rumah minimalis, beserta solusinya. Semoga informasinya bermanfaat ya Bunda!

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi