sign up SIGN UP search


moms-life

3 Resep dan Cara Membuat Telur Dadar ala Chef di Hotel

Melly Febrida Jumat, 11 Jun 2021 07:05 WIB
KESALAHAN DALAM MEMBUAT TELUR DADAR
cara membuat omelet yang enak dan fluffy dengan 5 tips berikut. caption

Bagaimanapun cara membuat telur dadar yang Bunda praktikkan, Chef Arnold mengingatkan untuk memperhatikan cara saat mengocok telur dalam mangkuk. “Di saat mengocok, kita enggak mau terlalu banyak udara juga enggak mau sampai jadi mengembang. Nanti sulit dimasak,” kata Chef Arnold.

Jangan aduk telur secara berlebihan dan jangan nyalakan api terlalu besar. Kedua kesalahan di atas membuat telur menjadi kering dan hancur seperti telur orak arik sehingga tidak bisa dilipat.

Memang ada banyak cara pembuatan telur dadar. Kalau di Indonesia umumnya telur dadar dibuat dengan digulung, Bunda. Biasanya juga tipe telur dadarnya kering.


Untuk tipikal telur dadar gulung ini, kata Chef Arnold, ketika telur sudah dimasukkan ke wajan jangan diaduk-aduk. Diamkan saja atau cukup putar-putar wajan agar telur merata di permukaan wajan sampai bagian bawahnya matang.

Saat telur sudah terlihat keras bawahnya baru digulung. Sebelum digulung, Bunda bisa memberikan sayuran atau topping apa saja di dalam telur dadar.

Entah itu daun bawang, bawang goreng, atau sayur-sayuran lainnya atau bahkan daging. Sesuai selera masing-masing. Tapi Chef Arnold berpesan, kalau Bunda menggunakan sayur-sayuran di dalam telur dadar, usahakan sayuran tersebut ditumis dulu.

“Sebelum sayuran dimasukkan ke omelet alangkah baiknya sayuran itu ditumis dulu. Karena sayuran itu memiliki kandungan air yang tinggi. Jadi kalau enggak dimasak dulu, langsung ke telur,  jadi sayuran itu akan mengeluarkan cairan dan telurnya jadi basah,” jelas Chef Arnold.

Bunda bisa menambahkan cream atau susu pada saat mengocok telur supaya rasanya lebih creamy dan telur jadi lebih fluffy. Sedangkan untuk memasaknya, Bunda bisa mengganti minyak dengan butter supaya telur yang dihasilkan lebih lembut.

Bagaimana dengan garam atau merica? Chef Arnold bilang garam atau lada bisa ditambahkan di akhir. Tapi kalau Bunda suka dicampur saat mengocok telur bisa saja, semua sesuai pilihan masing-masing.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi