sign up SIGN UP search

moms-life

Terlihat Mirip, Apa Perbedaan Tanaman Hias Pothos Vs Philodendron?

Juan Satya Sabtu, 10 Jul 2021 04:00 WIB
AKAR UDARA HINGGA PERBEDAAN PERSYARATAN TUMBUH
Tropical 'Philodendron Hederaceum Micans' houseplant with heart shaped leaves with velvet texture in gray flower pot on coffee table caption

Akar udara dan tangkai daun

Perbedaan juga dapat terlihat antara akar udara dan tangkai daun pothos dan philodendron, lho Bunda. Pothos dan philodendron memiliki akar udara agresif yang memungkinkan mereka memanjat dan merambat di sekitar permukaan.

Bila Bunda amati, tanaman hias pothos hanya memiliki satu akar udara besar per buku, lho. Sedangkan philodendron mungkin memiliki beberapa akar udara yang lebih kecil per buku dan cenderung terlihat lebih liar, Bunda.

Perbedaan dari kebiasaan tumbuh inilah yang menjadikan pothos memiliki tangkai daun yang menjorok ke arah batang yang disambungnya. Sementara itu, philodendron memiliki tangkai daun yang membulat penuh, ya Bunda.


Bila dilihat secara kasat mata, ternyata tangkai daun philodendron lebih tipis daripada tangkai daun pothos, lho Bunda.

Kebiasaan pertumbuhan dan daun baru

Cara berikutnya untuk membedakan kedua tanaman hias ini adalah dengan mencari keberadaan katafilnya, Bunda.

Jadi bila Bunda amati, ketika daun baru tumbuh pada philodendron yang tertinggal, mereka akan muncul dari cataphylls, yang pada dasarnya adalah daun kecil yang membungkus dan melindungi daun saat baru tumbuh.

Biasanya mereka ini akan tetap berada di tanaman hias philodendron setelah daun baru terbuka, lho Bunda.

Ternyata hal ini justru berbeda sebaliknya pada tanaman hias pothos, Bunda. Pada tanaman hias pothos tidak menumbuhkan daun baru dengan cara ini.

Alih-alih muncul dari cataphylls, daun baru pada tanaman pothos hanya tumbuh dan membentang dari daun sebelumnya, lho Bunda.

Perbedaan persyaratan tumbuh

Secara umum kedua tanaman hias ini memiliki kebutuhan yang sangat mirip, lho Bunda. Mulai dalam hal cahaya, tanah, air, hingga suhu. Namun perlu Bunda ketahui bahwa terdapat perbedaan kecil pada kedua tanaman ini.

Tanaman hias pothos akan lebih mudah mentoleransi cahaya rendah, sedangkan philodendron tidak bisa, ya Bunda.

Lalu perbedaan berikutnya, philodendron akan tumbuh lebih cepat memanjang daripada pothos, dan akan mulai menumbuhkan daun yang sangat kecil bila tidak menerima cahaya yang cukup. Oleh karena itu, philodendron harus terpapar cahaya yang cukup, ya Bunda.

Di sisi lain, pothos akan tumbuh memanjang lebih lambat, Bunda. Tetapi pertumbuhan ukuran daun dari pothos relatif tidak akan terpengaruh oleh cahaya, lho Bunda.

Selain itu bila diamati, pothos juga lebih sedikit diperbanyak dengan cara stek daripada philodendron, Bunda.

 Bunda, itulah perbedaan-perbedaan antara tanaman hias pothos dan philodendron. Dengan adanya perbedaan ini Bunda tidak lagi tertukar ya dengan kedua tanaman tersebut.

(fia/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!