sign up SIGN UP search


moms-life

Tips & Resep Makanan Bernutrisi untuk Bunda yang Isoman karena COVID

Melly Febrida Senin, 05 Jul 2021 07:03 WIB
Portrait of young woman in the her apartment wearing face protective mask to prevent Coronavirus caption

Jumlah penderita COVID-19 semakin bertambah. Kebanyakan yang tak mendapat perawatan di rumah sakit, mau tidak mau isoman di rumah. Selama tidak bergejala berat itu sangat mungkin dilakukan, yang terpenting perhatikan pola makan serta asupan makanannya, Bunda.

Selain multivitamin, makanan bernutrisi dibutuhkan pasien COVID-19 yang sedang melakukan isoman di rumah. Makanan ini juga bisa Bunda konsumsi di rumah apabila badan Bunda terasa tidak fit.

Ahli diet terdaftar, Lisa Valente, M.S., RD, menegaskan, tidak ada diet ajaib yang bisa menyembuhkan langsung. Informasi tentang makanan dan minuman ini hanya dapat mengurangi gejala atau durasi flu dan pilek.


Sama seperti flu, Bunda atau kerabat Bunda mungkin tidak merasa lapar. Bunda juga mungkin kehilangan indra perasa dan penciuman, yang dapat memengaruhi nafsu makan.

Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19Banner Vitamin Agar Terhindar dari Covid-19/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Berikut ini beberapa panduan umum pola makan yang dianjurkan saat Bunda butuh menaikkan imunitas ketika isoman, apa yang harus dimakan dan diminum, apa yang harus dibatasi, dan bagaimana mempersiapkannya.

1. Tetap Terhidrasi

Bagaimanapun kondisinya usahakan tetap minum cukup air putih, Bunda. Terutama jika mengalami demam yang dapat menyebabkan seseorang mengeluarkan banyak air, atau jika mengalami diare.  

Cobalah untuk minum banyak cairan, seperti air teh dengan madu, kaldu, jus, maupun minuman elektrolit. Bahkan air putih pun sudah pilihan yang baik, Bunda, selama jumlahnya cukup untuk tubuh.

“Teh dengan madu menenangkan dan madu juga dapat membantu meredakan batuk. Anda mungkin tidak memerlukan minuman elektrolit khusus, tetapi jika Anda mengalami kesulitan makan atau mengalami diare atau muntah, minuman tersebut mungkin dapat membantu,” kata Valenta.

Air kelapa, air maple, minuman olahraga, dan Pedialyte semuanya masuk dalam kategori itu. Jus atau smoothie juga dapat membantu mendapatkan beberapa nutrisi, dan mungkin membuatnya lebih mudah untuk terhidrasi karena rasanya yang enak.

"Jika Anda merasa tidak enak badan, penting untuk tetap terhidrasi dan beristirahat sebanyak mungkin,” ujar Valente.

2. Seimbangkan Nutrisi dan Kalori

Tubuh membutuhkan kalori untuk energi untuk membantu melawan infeksi. Benar-benar tidak ada satu makanan yang tampaknya membantu dengan gejala seperti flu. Namun ada nutrisi tertentu, termasuk protein, vitamin A, C, D dan E dan seng yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

“Saya tidak menyarankan memulai rutinitas suplemen baru sekarang, terutama tanpa berbicara dengan dokter atau ahli diet Anda terlebih dahulu, terutama karena banyak dari nutrisi ini mudah didapat dalam diet Anda dengan makan makanan yang bervariasi dan juga karena dalam jumlah besar mereka mungkin menyebabkan efek samping negatif,” kata Valente.

Menurutnya, smoothie yang dibuat dengan buah dan yogurt atau selai kacang bisa jadi asupan makanan yang bagus untuk mendapatkan kalori meski tidak sedang lapar. Sup ayam menenangkan dan mungkin bermanfaat ketika mengalami infeksi pernapasan.  

Jahe dapat membantu mengatasi rasa mual. Bunda bisa menambahkannya ke dalam teh atau tambahkan ke sup wortel.

"Cobalah untuk mendapatkan kalori sebanyak mungkin dan makan makanan yang membantu Anda merasa baik mungkin akan lebih penting daripada khawatir tentang mendapatkan cukup seng atau vitamin A,” jelas Valente.

Masih ada tips lain beserta rekomendasi resep makanan yang sehat untuk Bunda ketika melakukan isoman. Lanjut baca halaman berikutnya ya.

Rekomendasi Resep
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!