sign up SIGN UP search


moms-life

Psst, Ini Bun 5 Tips Jaga Kebersihan Miss V Setelah Berhubungan Intim

Annisa A Minggu, 11 Jul 2021 21:45 WIB
Couple is kissing and hugging in bed caption
Jakarta -

Seks menjadi kegiatan yang biasa dilakukan di setiap rumah tangga. Hubungan seksual menjadi kunci keharmonisan suami istri. Namun tak dapat dipungkiri bahwa seks memungkinkan terjadinya pertukaran kuman, Bunda.

Hubungan seksual melibatkan organ intim dari kedua pasangan. Ada berbagai virus dan bakteri yang dapat menular lewat cairan tubuh, khususnya dari kelamin.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan tak hanya perlu diperhatikan sebelum berhubungan seksual. Melainkan juga setelah melakukan seks bersama pasangan.

Beberapa orang biasanya langsung tidur usai menyudahi hubungan seksual. Namun hal ini dapat membuat tubuh lebih mudah terpapar oleh bakteri dan virus yang didapatkan usai melakukan hubungan seksual.

Bunda, berikut ini 5 cara agar tubuh tetap bersih dan sehat usai melakukan hubungan seks bersama pasangan:

1. Berkemih

Berkemih usai melakukan hubungan seksual sangat dianjurkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam saluran berkemih atau uretra, Bunda. Uretra dapat menjadi akses masuknya kuman ke dalam tubuh.

Dilansir dari The Health Site, berkemih akan mengeluarkan bakteri yang terkumpul di uretra usai melakukan hubungan seksual. Berkemih usai seks juga harus dilakukan dengan benar, Bunda.

Bagi perempuan, bersihkan organ intim dari arah depan ke belakang usai berkemih. Jangan dilakukan sebaliknya ya, sebab Bunda berisiko membawa kuman dari area anus ke arah vagina dan uretra.


2. Membersihkan tubuh

Ketika membersihkan organ intim, jangan lupa gunakan sabun khusus untuk menjaga kestabilan mikroorganisme di daerah tersebut.

Kemudian jangan lupa bersihkan seluruh tubuh agar tidak ada bakteri yang tersebar ke bagian lain. Usai membersihkan badan, Bunda bisa mengaplikasikan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit tubuh.

Simak tips berikutnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga video penyebab telat haid berbulan-bulan usai lepas pil KB.

[Gambas:Video Haibunda]



AIR PUTIH DAN PAKAIAN LONGGAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!