sign up SIGN UP search


moms-life

Reksa Dana VS Saham, Mana yang Bagus untuk Investasi Bun?

Mutiara Putri Rabu, 21 Jul 2021 15:52 WIB
Ilustrasi Reksa Dana caption
Jakarta -

Selama masa pandemi Bunda pasti mengalami penurunan keuangan, ya? Ternyata hal ini tak hanya dialami oleh Bunda, lho. Ada banyak Bunda lainnya merasakan hal yang sama akibat adanya pengurangan tenaga kerja bahkan harus menutup bisnisnya.

Karena itu, Bunda lebih baik mengencangkan ikat pinggang dan menunda membeli barang yang belum tentu dibutuhkan. Daripada dibelanjakan, lebih baik tabungan digunakan untuk investasi, Bunda.

Secara garis besar, investasi adalah kegiatan menanamkan modal, Bunda. Penanaman modal bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Pada periode waktu tertentu, Bunda yang menanamkan modal bisa mendapatkan sejumlah keuntungan, lho.


Hal ini juga diungkapkan oleh Financial Planner, Annisa Steviani, Bunda. Ia juga mengatakan jenis investasi sangat beragam, Bunda. Misalnya saja seperti saham dan reksa dana.

"Investasi adalah menanamkan uang atau modal dan berharap keuntungan. Jenisnya macam-macam ada deposito, obligasi, reksa dana, saham, P2P lending, emas, properti, atau bisnis," jelas Annisa pada HaiBunda melalui pesan teks beberapa waktu lalu.

Annisa juga menjelaskan apa yang dimaksud dengan reksa dana nih, Bunda. Wanita yang akrab disapa Ica ini mengatakan bahwa reksa dana dapat diumpamakan seperti patungan dengan para investor lainnya. Kemudian, hasil patungan akan dibelikan deposito, obligasi, dan saham.

"Sementara untuk reksa dana, anggap kita patungan dengan banyak investor reksa dana lain. Uang hasil patungannya dibelikan deposito (untuk reksa dana pasar uang), obligasi (untuk RD pendapatan tetap), dan saham (untuk RD saham)," ungkapnya.

Sementara itu, Ica juga mengatakan investasi reksa dana bisa menggunakan nominal uang yang kecil, lho. Tak hanya itu, Bunda bisa juga tidak perlu bentuk portofolio.

"Bisa dari Rp10ribu sudah bisa investasi di reksa dana. Tidak perlu bentuk portofolio, tidak perlu analisa saham karena sudah ada manajer investasi yang memilihkan sahamnya. Kita hanya tinggal pilih manajer investasi yang terpercaya dan produk yang secara historis baik,"

Sebelumnya Bunda mungkin lebih mengenal investasi saham, ya? Agar tak bingung menentukan investasi mana yang lebih baik, Bunda bisa bandingkan langsung reksa dana dan saham di halaman berikutnya.

Bunda, simak juga video cara hasilkan uang dari tanaman hias berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SAHAM VS REKSA DANA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!