sign up SIGN UP search


moms-life

9 Tips Dekorasi Rumah Minimalis Bergaya Japandi yang Sederhana dan Estetik

Juan Satya Jumat, 23 Jul 2021 03:00 WIB
Dekorasi rumah minimalis bertema Japandi bisa menjadi inspirasi Bunda. Namun, ada baiknya Bunda memperhatikan sembilan tips berikut ini agar tak salah menata. Ilustrasi rumah minimalis Japandi/Foto: iStock
Jakarta -

Dekorasi rumah minimalis bergaya Japandi sekarang ini merupakan tren baru yang sedang digandrungi, Bunda. Japandi merupakan kepanjangan dari Japanese dan Scandinavian.

Bisa dikatakan, Japandi adalah hasil perpaduan gaya rumah Skandinavia dengan tradisional Jepang. Kombinasi ini juga menciptakan perpaduan yang sempurna antara fungsi dan bentuk, fokus pada garis yang bersih, ruang yang cerah, dan warna-warna yang terang.

Estetika dari gaya ini masing-masing berfokus pada kesederhanaan, elemen alami, dan kenyamanan. Jadi tidak mengherankan ya, jika saat ini melihat semakin banyak para desainer yang menggabungkan dua tampilan ini secara bersamaan.


Kabar baiknya, dekorasi bertema Japandi ini dapat dibawa ke rumah minimalis Bunda, lho. Bila Bunda tertarik menata ulang, ada baiknya memperhatikan sembilan tips dekorasi rumah minimalis bergaya Japandi yang dilansir dari laman Posh Pennies.

1. Pilih barang yang tepat

Interior bergaya Jepang dan Skandinavia merupakan cara terbaik dalam menyampaikan kesederhanaan, Bunda. Ini berarti bahwa setiap item yang ditemukan pada interior Japandi tanpa embel-embel dan hiasan yang berlebihan.

Namun, bukan berarti Bunda harus tinggal di rumah yang benar-benar kosong, ya. Itu berarti bahwa semua item baik dekorasi maupun aksesori yang ada dalam rumah minimalis perlu Bunda pilih dengan cermat.

Japandi merayakan konsep danshari yang pada dasarnya berarti membersihkan diri Bunda dari barang-barang yang menciptakan perasaan negatif atau membebani Bunda. Disini, Bunda hanya menyimpan barang-barang yang paling disukai.

2. Pilih warna dasar putih

Warna putih hangat menjadi pilihan terbaik jika Bunda merasa kesulitan memilih warna untuk kamar dalam rumah minimalis bergaya Japandi. Penggunaan warna ini pada rumah minimalis akan membuat cahaya yang dipantulkan ke dalam ruangan semakin maksimal.

Warna ini akan terasa lebih cantik bila ditambahkan lebih banyak kontras dan variasi pada palet melalui furnitur dan aksesori di dalam ruangan.

Namun jika warna putih bukanlah favorit Bunda, maka warna alami yang dalam dan redup juga dapat bekerja dengan baik pada dinding di ruang keluarga dan interior Japandi, Bunda.

Jika Bunda menggunakan dinding berwarna gelap, jangan lupa untuk mencerahkan ruangan dengan item lain, ya.

3. Tambahkan tekstur pada dinding ruangan

Dalam interior tradisional Jepang, tentu bukan hal aneh untuk menemukan dinding yang terbuat dari panel bambu atau cedar, Bunda. Jadi tidak mengherankan, bila dinding interior Japandi sering kali memiliki tekstur tertentu.

Bunda bisa menambahkan tekstur melalui penggunaan potongan kayu vertikal tipis yang diletakkan di dinding. Tampilan ini dapat menciptakan minat arsitektur, namun tetap secara visual akan terlihat sangat rapi dan menyenangkan, lho.

Dinding bilah kayu juga relatif sangat sederhana untuk dibuat sendiri, Bunda. Hasil akhir yang didapati, akan membawa suasana cukup mewah pada ruangan di rumah minimalis. Selain itu, penggunaan tekstur pada dinding akan membawa ruangan lebih kedap terhadap suara.

Untuk mendapatkan tampilan dinding bilah kayu, Bunda bisa melakukan dua cara, lho. Cara pertama, Bunda bisa memasang potongan kayu satu persatu secara mandiri. Cara kedua, Bunda dapat membeli panel bilah kayu yang sudah tersusun rapi.

Untuk melihat tips lain, klik baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Tonton juga video tentang furnitur rumah yang multifungsi dan enak dipandang.

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS LAINNYA SOAL PALET WARNA HINGGA GUNAKAN BAHAN ORGANIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi