sign up SIGN UP search


moms-life

Banyak yang Tak Percaya! Pasangan Muda Anak Satu Ini Uang Bulanannya Cuma Rp2,5 Juta

Annisa Afani Sabtu, 07 Aug 2021 11:42 WIB
Ilustrasi belanja di supermarket caption
Jakarta -

Menjadi pasangan muda dengan seorang anak, bagi sebagian orang mungkin menjadi tantangan tersendiri. Terlebih soal mengatur pengeluaran uang untuk belanja bulanan agar tak boros, namun tetap dapat menikmatinya dengan baik.

Beberapa waktu yang lalu, ada pasangan muda dengan seorang anak yang membagikan berapa total pengeluaran bulanan mereka, Bunda. Meski pasangan milenial yang bekerja sebagai pegawai ini hidup dan tinggal di Ibu Kota, ternyata hanya dengan Rp2,5 juta, mereka dapat memenuhi kebutuhan bulanan.

"Dalam video ini kami mau ngomongin berapa budget untuk groceries doang. Banyak yang bingung saat kami mention angkanya Rp2,5 juta untuk makan keluarga bertiga," tutur Samuel, dikutip dari channel YouTube Samuel & Claudya pada Jumat (6/8/2021).


"Bujet ini (Rp2,5 juta) dihitung saat masih ada Mbak (asisten rumah tangga atau ART), jadi actually 3 orang dewasa dan satu anak kecil. Masih cukup banget," tambah pria yang akrab disapa Sam itu.

Claudya lantas ikut buka suara, sebelum ia menjelaskan bagaimana uang tersebut terpakai, Clau menggarisbawahi bahwa pengaturan uang tersebut tergantung pada selera makan setiap orang.

Banner Pria Semarang Nikahi Bule Jerman

"Ini juga mungkin kembali lagi ke selera makan masing-masing, ya. Karena kami berdua juga bukan tipe yang makan selalu mewah setiap hari."

"Memang kami suka makan enak, tapi ya bosan juga setiap hari. Dulu kan memang suka juga makan di resto, cuma ya lama-lama mending makanan rumahan," sambungnya.

Apa saja yang mereka beli dengan Rp2,5 juta sebulan?

Rahasia dibalik hematnya pengeluaran Sam dan Clau dimulai dari belanja bahan masakan, Bunda. Keduanya mengaku bahwa lebih memilih pasar tradisional untuk mencari bahan olahan dapur selama seminggu.

"Biasanya ke pasar itu seminggu sekali. Biasanya bujetnya itu kurang lebih Rp150 ribu, dikali sebulan artinya empat kali berarti Rp600 ribu," ungkap Clau.

Lanjut, Clau kemudian memaparkan apa saja belanjaannya saat ke pasar. Katanya, hal yang pasti dibeli yakni sayur-mayur, tahu tempe, telur jika stok di rumah telah habis, lalu daging ayam atau ikan.

"Untuk protein hewani ya dari ayam atau ikan. Kami jarang banget makan kayak cumi, udang, dan daging sapi."

Claudya kemudian memberikan alasan, Bunda. Katanya, secara terus terang dirinya memang tak pandai masak, begitu pula dengan ART yang dahulu pernah bekerja di rumah mereka.

"Karena terus terang kami enggak ada yang bisa masak, Mbak-mbak yang pernah kerja di sini juga sama. Jadi bahan itu enggak dibeli," akunya.

Meski lebih memiliki belanja bahan masakan di pasar tradisional, Sam dan Clau mengatakan bahwa mereka juga ke supermarket kok, Bunda. Keduanya juga memiliki budget tertentu untuk belanja di tempat tersebut.

"Kami ke supermarket kurang lebih sebulan sekali dengan budget Rp500 ribu rupiah," ungkap Sam.

"Lalu apa yang kami cari di supermarket? Basically kami cari barang promo," sambungnya.

Sam memaparkan bahwa barang promo tersebut bisa seperti ikan, saus, atau makanan lain dengan tanggal expired lama.

"Bisa juga yang lama expired-nya, seperti sabun cuci piring, detergen, obat pel. Kali lagi murah, harganya bagus kami beli yang agak banyak karena memang enggak bakal rusak," ungkapnya.

"Termasuk untuk sabun, sampo, sikat gigi, semua kebutuhan rumah tangga kurang lebih Rp500 ribu sebulan," sambung Clau.

Simak penjelasan Sam dan Clau selengkapnya di halaman berikut ya, Bunda.

Tonton juga lima skincare legendaris di bawah Rp50 ribu yang wajib Bunda miliki dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BELANJA BUAH-BUAHAN, GALON, DAN GAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!