sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Belanja Online Aman dari Penipuan, Jangan Lupa Lihat Review

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 21 Jun 2022 17:50 WIB
Ilustrasi wanita menggunakan ponsel atau smartphone caption
Jakarta -

Akhir-akhir ini toko online tengah menjadi primadona dibandingkan toko offline, Bunda. Bukan tanpa alasan, berbelanja di toko online dianggap jauh lebih murah dan mudah.

Tak hanya bagi pembeli, toko online bagi segelintir penjual juga sangat menguntungkan. Mereka tidak perlu membayarkan sejumlah uang untuk menyewa tempat berjualan.

Meskipun ada banyak keuntungan dari toko online, ada pula kekurangan dari penggunaan toko online ini, Bunda. Misalnya saja penipuan atau pemalsuan barang.


Menurut financial planner, Rista Zwestika S.Sos. AWP. CFP, penipuan atau pemalsuan barang merupakan hal yang banyak sekali terjadi di setiap transaksi atau belanja online, Bunda.

"Sudah jadi permasalahan ini bukan hanya merugikan konsumen, tetapi juga pemilik dari brand-brand yang ditawarkan tersebut serta bisa mengganggu perekonomian negara juga, lho," katanya pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Banner Cara Membuat Infused Water

Saat Bunda mengalami penipuan atau pemalsuan barang ini, Bunda bisa segera mengajukan komplain, nih. Menurut Rista, cara yang mudah dilakukan adalah dengan cara me-report sosial media penjual hingga melaporkan ke polisi.

"Report Instagram atau sosial media penjual ke sosial media, lapor ke polisi. Atau bisa akses cekrekening.id, lapor.go.id. Bisa juga lapor ke bank," papar Bunda dua anak ini.

Tak hanya itu, Rista juga membagikan tips agar alamat yang Bunda gunakan tidak terkena doxing. Salah satunya adalah menggunakan kata sandi yang kuat.

"Jangan membagikan informasi penting di sosial media, gunakan kata sandi yang kuat," imbuhnya.

Tips pilih online shop terpercaya

Jangan bingung memilih online shop yang terpercaya, Bunda. Rista membagikan beberapa tips mudah memilihnya, nih. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. Pilih yang tergabung dalam situs belanja

Kalau bunda ingin berbelanja online, pastikan toko online tersebut telah tergabung dalam situs belanja (e-commerce) yang juga terpercaya. Di sini, Bunda akan lebih mudah melakukan transaksi belanja online karena pihak pengelola situs belanja akan menjadi perantara antara penjual dan pembeli.

"Dana yang dibayarkan akan tetap aman dan dipegang oleh situs belanja tersebut. Dan jika ada kerusakan atau ketidaksesuaian, maka bisa dilakukan proses return atau pengembalian," kata Rista.

Simak tips lainnya di laman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa simak juga video tips mengatur keuangan rumah tangga pada pasutri pekerja berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS PILIH ONLINE SHOP TERPERCAYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!