sign up SIGN UP search


moms-life

Resep Donat Kentang ala Shireen Sungkar, Gampang Dicoba untuk Pemula Bun

Cindy Victoria Rabu, 01 Sep 2021 07:00 WIB
resep donat kentang caption
Jakarta -

Sudah berapa banyak resep viral yang Bunda coba membuatnya di rumah? Selama pandemi ini, banyak yang menjadi gemar memasak dan mencoba berbagai resep baru agar tak bosan hanya di rumah saja.

Salah satu resep yang juga ramai dicoba yakni resep donat kentang. Donat merupakan salah satu jenis camilan yang disukai banyak orang. Varian donat pun beragam, mulai dari donat polos hingga hadir dengan berbagai topping manis maupun asin.

Nah, Bunda pun bisa mencoba sendiri membuat donat kentang di rumah. Tenang saja, resep yang satu ini bisa terbilang mudah untuk Bunda yang baru pertama kali akan membuat donat.


Artis Shireen Sungkar pun tak ketinggalan untuk mencoba membuat donat kentang untuk keluarga tercintanya. Istri Teuku Wisnu ini membagikan resep donat kentang miliknya dalam kanal YouTube The Sungkar's Family.

Tak lupa pula Shireen memberikan tips agar donat kentang menjadi empuk. Jika Bunda penasaran, simak resep dan cara membuat donat kentang ala Shireen Sungkar berikut.

Resep donat kentang ala Shireen Sungkar

Bahan: 

  • 50 ml susu cair
  • 6 gram ragi instan
  • 1/4 sdt garam
  • 25 gram susu bubuk
  • 50 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 40 gram mentega
  • 250 gram tepung terigu tinggi protein
  • 50 gram kentang kukus yang dihaluskan

Cara membuat donat kentang:

  1. Masukkan terigu, gula halus, ragi, dan susu bubuk ke dalam mixer dengan kecepatan yang perlahan, aduk hingga merata. Jangan campurkan ragi dengan garam karena nanti raginya akan mati dan donat tidak dapat mengembang dengan baik.
  2. Setelah itu, masukkan kentang yang sudah dihaluskan, kuning telur, dan susu cair. Aduk hingga seluruh adonan menjadi setengah kalis.
  3. Jika sudah setengah kalis, Bunda dapat masukkan mentega dan garam kedalam mixer. Tunggu hingga adonan benar-benar kalis. 
  4. Kemudian, bentuk adonan menjadi bulatan besar dan tunggu adonan hingga mengembang menjadi dua kali lipat. 
  5. Jika sudah mengembang dengan sempurna, Bunda dapat membuang udara yang terdapat dalam adonan tersebut dengan mengempiskan adonan. 
  6. Timbang adonan sebesar 40 gram, selain hasilnya lebih rapi, donat tersebut juga bentuknya pas tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Diamkan sebentar saja hingga mengembang. 
  7. Lubangi adonan, bisa dengan cetakan adonan atau dengan menggunakan ujung supit. Bunda juga dapat berikan alas kertas roti agar tidak lengket dan diamkan sebentar untuk lebih mengembang. 
  8. Kemudian goreng donat di minyak panas dan menggunakan api yang kecil ya. Masak hingga warna berubah menjadi cokelat keemasan.
  9. Setelah matang, taburkan gula halus atau Bunda bebas tambahkan topping sesuai selera.
  10. Donat kentang siap disajikan.

Selamat mencoba resep donat kentang ala Shireen Sungkar ya, Bunda.

Bunda, tonton juga video tentang resep juice gummy ala Chef Steby untuk Si Kecil di rumah:

[Gambas:Video Haibunda]

(fir/fir)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!