sign up SIGN UP search


moms-life

Resep ala Nabi Muhammad: Minuman Sehat untuk Bantu Obati Sakit Tenggorokan

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 06 Sep 2021 07:04 WIB
pile cloves on wood background caption
Jakarta -

Bunda pernah merasa ada nyeri dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan? Bisa jadi itu karena Bunda terserang infeksi atau virus, nih.

Saat mengalami sakit tenggorokan, kegiatan makan dan minum akan sedikit terganggu, Bunda. Hal ini lantaran timbulnya gejala peradangan pada amandel, saluran penghubung hidung, mulut, dan tenggorokan, serta peradangan pada laring.

Pada beberapa kasus, sakit tenggorokan bisa jadi awal dari adanya penyakit yang lebih serius, Bunda. Terlebih di masa pandemi saat ini, gejala sakit tenggorokan adalah gejala yang paling umum terjadi pada pasien positif COVID-19.


Melansir dari laman Mayo Clinic, gejala yang biasa terlihat pada penderita sakit tenggorokan ada beragam, Bunda. Misalnya saja nyeri atau sensasi gatal di tenggorokan, kesulitan menelan, suara serak, hingga pembengkakan pada kelenjar leher atau rahang.

Nama Bayi Jawa

Saat sakit tenggorokan semakin memperlihatkan gejala parah seperti kesulitan bernapas dan sulit menelan, itu tandanya Bunda harus mendapatkan penanganan dari dokter.

Sebelum sakit tenggorokan semakin parah dan mengharuskan Bunda mengonsumsi obat yang diberikan dokter, Bunda juga bisa nih coba resep sehat untuk atasi sakit tenggorokan. Kalau penasaran, berikut ini resep ala Nabi Muhammad untuk obati sakit tenggorokan yang dilihat dari buku Resep Sehat JSR 200 Resep Menyehatkan karya dr. Zaidul Akbar.

Bahan:

  • 2 bunga lawang
  • 5 kapulaga
  • 5 cengkeh
  • Air panas secukupnya

Cara membuat:

  1. Seduh semua bahan dengan air panas, Bunda.
  2. Minumlah ramuan ini selagi hangat.

Catatan: Selain meminum resep di atas, Bunda juga perlu menghindari makan-makanan yang berminyak, bersantan, dan tepung-tepungan, dan dihangatkan secara berulang, ya.

Bunda, simak juga video resep minuman untuk atasi asam lambung ala Nabi Muhammad berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(mua/fir)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!