sign up SIGN UP search


moms-life

5 Resep Bakso Sapi Enak dan Sehat, Ada Tips Cara Membuat Agar Bakso Kenyal

Melly Febrida Minggu, 12 Sep 2021 20:00 WIB
Bakso Sapi caption

Siapa yang tak tahu bakso, salah satu makanan dari olahan daging ini menjadi favorit bagi banyak orang. Untuk beberapa orang pun membuat bakso sapi tampaknya tak begitu sulit, namun ternyata membuat bakso yang kenyal pun enggak mudah.

Ada kalanya Bunda pun penasaran ingin membuat sendiri bakso sapi untuk keluarga di rumah. Sebelum membuat bakso sapi yang kenyal dan sehat, rupanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dr. Ir. Singgih Wibowo, M.S, penulis buku 50 Jenis Bakso Sehat & Enak, mengatakan bahwa dalam membuat bakso ada empat hal yang perlu diperhatikan. Keempat hal tersebut yakni pemilihan bahan baku, penyediaan bahan penunjang, kelengkapan peralatan, dan prinsip dasar membuat bakso.


Menurutnya, untuk menghasilkan bakso yang sehat, diperlukan daging yang sehat. Daging tersebut tentu dihasilkan dari hewan yang sehat juga, Bunda.  

"Daging yang dipilih adalah daging yang rendah kandungan lemaknya.  Selain itu, perlu dipilih bagian daging yang mengandung kolesterol dan asam lemak transnya rendah," ujarnya.

Selain itu, daging sapi yang digunakan untuk membuat bakso itu harus segar. Semakin segar daging, semakin bagus mutu bakso yang dihasilkan. Daging yang layu kurang bagus untuk bakso karena memiliki tekstur lemah, kurang kompak, kurang kenyal atau elastis, mudah pecah, dan rendemen rendah. 

Banner Putri Ahok dan Puput

Penyebabnya adalah kemampuan daging mengikat air semakin rendah. Kalau Bunda harus menggunakan daging beku, perlu perawatan khusus agar bakso yang dihasilkan berkualitas tinggi.

Apabila daging harus disimpan terlebih dahulu, sebaiknya daging disimpan dingin antara suhu 15-20 derajat celcius atau dibekukan. Daging yang dibuat juga harus masih bagus dengan waktu penyimpanan selama delapan jam dalam suhu 20 derajat celcius, 24 jam dengan suhu 15 derajat celcius, dan empat hari dengan suhu -5 derajat celcius.

Bahan Penunjang Bakso Sapi Kenyal


1. Tepung tapioka

Untuk menghasilkan bakso daging yang lezat dan bermutu tinggi, jumlah tepung tapioka yang digunakan sekitar 10-15% dari berat daging. Idealnya, paling banyak 10% dari berat daging, Bunda. Namun, seringnya yang dijajakan di jalanan itu menggunakan tepung hingga 30–40% dari berat daging. Rasa dan mutu bakso tersebut tentunya jadi kurang bagus.

2. Bumbu-bumbu 

Garam dapur yang digunakan sekitar 2,5% dan bumbu penyedapnya sekitar 2% dari berat daging.  Bumbu penyedap dapat dibuat dari campuran bawang putih dan merica.  

Beberapa bahan lain dapat juga ditambahkan, misalnya campuran bawang merah, bawang putih. Bumbu-bumbu ini bisa dikembangkan sendiri untuk memberikan ciri khas masing-masing. Misalnya, menambahkan daun bawang yang dirajang halus, gula pasir, atau putih telur.

3.  Es atau air es 

Untuk menghasilkan bakso daging yang lezat dan bermutu tinggi, es yang digunakan sebaiknya berupa es batu. Umumnya es batu yang digunakan itu sekitar 10-30% dari berat daging. 

4. Bahan lain 

Jika dibuat bakso telur, Bunda memerlukan telur ayam atau telur puyuh. Bahan-bahan ini terlebih dahulu dimasak matang.

Untuk resep bakso sapi kenyal, klik baca halaman berikutnya ya, Bunda.

DUA RESEP BAKSO SAPI DAN ISI KEJU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!