sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tips Merawat Tanaman Hias Sirih Keraton, Pastikan Kelembapannya Tepat

Mutiara Putri Kamis, 02 Sep 2021 04:00 WIB
Tanaman Hias Sirih Keraton caption
Jakarta -

Merawat tanaman hias bisa jadi salah satu bentuk penyembuhan diri yang paling diminati, Bunda. Tanaman hias juga memiliki banyak jenis yang bisa Bunda koleksi, lho.

Salah satu jenis tanaman hias yang memiliki beragam varietas adalah tanaman hias sirih keraton, Bunda. Sirih yang memiliki nama ilmiah Cissus discolor ini merupakan tanaman yang terkenal karena daunnya yang sangat cantik dan eksotis.

Sirih keraton memiliki daun mengkilap warna hijau tua, Bunda. Tak hanya itu, pada bagian daun juga ada warna keperakan dan warna merah di bagian bawahnya.


Selain itu, batang sirih keraton juga memiliki rona merah yang terlihat menonjol, lho. Tanaman asli Kamboja dan Jawa ini merupakan tanaman hias rambat yang cerah untuk hiasan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Tanaman cantik satu ini biasanya menghasilkan bunga-bunga kecil berwarna putih kekuningan pada hari yang hangat, Bunda. Sementara itu, setiap daunnya memiliki panjang sekitar 7 sampai 12 cm. Sedangkan lebarnya bisa mencapai 10 cm.

Banner resep Rp200 ribu

Tips merawat tanaman hias sirih keraton

Bunda ingin coba merawat dan menanam tanaman hias sirih keraton? Jangan khawatir ya, Bunda. Ada beberapa tips yang bisa Bunda perhatikan nih. Berikut ini tipsnya dilansir dari laman Gardening Brain.

1. Kebutuhan air

Tanaman sirih keraton hanya membutuhkan intensitas penyiraman sedang, Bunda. Namun, Bunda perlu mengatur jadwal penyiramannya sesuai dengan suhu musim tertentu.

Pada musim yang tak terlalu panas, lapisan atas tanah harus memiliki kelembapan setidaknya 30 persen, Bunda. Jadi, Bunda perlu jaga tanah agar sedikit lembap dan disiram sebelum mengering seluruhnya.

Penyiraman di musim dingin dan hujan perlu dikurangi. Namun, penyiraman yang terlalu berlebih juga tidak bisa dibiarkan.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video langkah membuat pupuk kompos di rumah berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SINAR MATAHARI HINGGA KELEMBAPAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!