sign up SIGN UP search


moms-life

7 Pakaian yang Tidak Disarankan Masuk Mesin Cuci, Baju Renang hingga Dasi

Arina Yulistara Sabtu, 11 Sep 2021 15:10 WIB
Apakah Bunda selalu menggunakan mesin cuci untuk membersihkan seluruh pakaian? Duh, ada beberapa pakaian yang sebaiknya tak dicuci pakai mesin, Bun. caption

Apakah Bunda selalu menggunakan mesin cuci untuk mencuci baju? Perlu diketahui, ada beberapa pakaian yang seharusnya tidak dicuci menggunakan mesin, Bunda.

Tidak hanya pakaian yang berat dan penuh aksesori tapi baju renang hingga dasi juga sebaiknya masuk mesin cuci. Mengapa demikian? Tentu semua karena material yang digunakan untuk membuat pakaian tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa pakaian tersebut tidak disarankan masuk mesin cuci. Selain mudah rusak tentu akan membuat materialnya tidak awet sehingga tak bisa digunakan dalam waktu panjang. 


Dilansir dari The Spruce, simak deretan pakaian yang tidak disarankan dicuci menggunakan mesin. Yuk coba ubah kebiasaan agar pakaian lebih awet, Bunda.

1. Baju renang

Salah satu pakaian yang tidak disarankan masuk mesin cuci adalah baju renang. Mengapa baju renang? Padahal baju renang memang dirancang untuk berada di dalam air. 

Meski demikian, air di mesin cuci tidak ideal untuk bahan baju renang. Tindakan mekanis dari mesin cuci bisa merusak tali dan struktur bagian dalam baju renang Bunda.

Tidak hanya itu, banyak baju renang dengan model ritsleting samping. Hal ini bisa menyebabkan lubang atau sobekan ketika dicuci menggunakan mesin. Kalau Bunda mau baju renang lebih awet maka bisa dicuci menggunakan tangan saja.

Banner Rumah TKW Blitar

2. Jas

Hindari mencuci jas menggunakan mesin, terutama ketika pakaian tersebut merupakan buatan tangan. Saat terkena air dalam mesin cuci, sebagian besar permukaan jas akan cacat bahkan mungkin berubah drastis. Ini bisa mempengaruhi perubahan warna jas menjadi lebih kusam.

3. Pakaian kulit

Satu lagi pakaian yang tidak disarankan masuk mesin cuci adalah baju dengan material kulit. Mesin cuci bisa merusak permukaan pakaian kulit. Salah satunya dapat menyebabkan kerutan yang tentu mengubah tekstur dan struktur pakaian itu sendiri.

4. Sweater 

Sweater atau pakaian dengan bahan wol atau bludru tak disarankan masuk mesin cuci. Beberapa kemungkinan ada wol yang bisa dicuci menggunakan mesin karena merupakan kain campuran katun atau polyester. 

Akan tetapi, sebagian besar baju berbahan wol dan kasmir harus diperlakukan lebih hati-hati dan dicuci menggunakan tangan. Jika tidak, benangnya ada kemungkinan tersangkut dan mudah robek.

SEQUIN DRESS HINGGA DASI, JANGAN CUCI DENGAN MESIN BUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!