sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Membeli Rumah dengan KPR, Catat Bun!

Annisa A Selasa, 07 Sep 2021 20:45 WIB
facade of home with manicured lawn, landscaping, and backdrop of trees and dark blue sky. Glowing interior lights create a welcoming mood. caption
Jakarta -

Kredit Kepemilikan Rumah atau KPR merupakan salah satu cara untuk memiliki hunian idaman. Cara ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang sedang berencana mendapatkan tempat tinggal.

KPR diberikan dalam bentuk pinjaman kepada pembeli rumah. Skema pembiayaan KPR disesuaikan dengan harga properti dan jangka waktu membayar.

Pembayaran KPR biasanya dilakukan selama bertahun-tahun, sesuai dengan yang telah disepakati oleh pembeli rumah dan penyedia KPR. Biasanya KPR disediakan oleh bank, Bunda.


Kredit kepemilikan rumah diambil sebagai cara mengatasi kekurangan dana ketika ingin memberi rumah atau properti secara tunai. Oleh karena itu, metode KPR dapat menjadi solusi bagi mereka yang ingin memiliki rumah namun belum mempunyai dana yang sepenuhnya terkumpul.

Selain itu, skema KPR dinilai sebagai metode yang cukup aman. Hal itu karena segala kegiatan administrasi, transaksi, dan surat properti berada di tangan bank resmi penyalur kredit.

Saat ini KPR banyak dilakukan oleh generasi milenial. Banyak dari mereka yang mulai mengalokasikan pendapatan bulanannya untuk mencicil rumah. Mereka pun mengandalkan KPR sebagai salah satu cara mendapatkan hunian di usia muda.

Banner Putri Ahok dan PuputBanner Putri Ahok dan Puput/ Foto: Mia Kurnia Sari

Meski begitu, masih banyak milenial yang belum mengetahui cara melakukan KPR. Banyak orang biasanya masih bingung ketika hendak melakukan KPR untuk pertama kali.

Sebelum memutuskan untuk mengambil KPR, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan oleh pembeli rumah. Ketika KPR disetujui, orang yang mengajukan KPR akan terikat dan harus membayar cicilan selama waktu yang telah ditentukan.

Pembayaran kredit kepemilikan rumah yang terkendala alias macet justru akan menyulitkan Bunda. Pasalnya, bank akan menyita rumah yang telah dibayar memakai KPR tersebut. Bisa gawat kan?

Maka dari itu, Bunda harus mempertimbangkan banyak hal sebelum mengambil KPR. Sebelumnya, Bunda tentu harus mencari rumah yang diinginkan terlebih dahulu.

Saat ini terdapat berbagai properti yang dapat dijadikan sebagai hunian idaman. Setiap rumah memiliki harga yang bervariasi tergantung dari lokasi, luas rumah serta tanah bangunan.

Pastikan juga untuk mencari rumah yang tepat lewat internet, atau mencari perumahan yang bekerjasama dengan bank tempat Bunda meminjam KPR.

Supaya enggak salah langkah, simak langkah-langkah mengajukan KPR dari awal sampai disetujui ya. TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Masih muda berpenghasilan Rp400 juta per bulan, simak profil Felicia Putri berikut ini Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



(anm/fia)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!