sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Cek Tabungan Perumahan di BP Tapera untuk PNS, Catat Bun!

Asri Ediyati Kamis, 26 Aug 2021 16:35 WIB
PNS kini bisa mengajukan rumah dengan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang dikelola oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). caption
Jakarta -

Bunda, Pegawai Negeri Sipil (PNS) kini bisa mengajukan rumah dengan skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang dikelola oleh Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera), lho.

PNS yang sudah terdaftar sebagai peserta aktif di Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) kini bisa cek saldo perumahan secara mandiri.

Pengecekan tersebut bisa dilakukan melalui laman resmi https://peserta.tapera.go.id. Komisioner BP Tapera, Adi Setianto mengatakan, selain bisa melakukan pembaharuan data kepesertaan, peserta juga bisa melakukan cek saldo.


Dengan adanya layanan pengecekan saldo ini, menurut Adi, maka dana peserta yang dikelola BP Tapera dapat dilihat secara transparan setiap saat.

"Mulai sekarang, peserta bisa melakukan cek saldo mulai hari ini sekaligus melakukan update data kepesertaannya. Pemutakhiran data ini sangat penting bagi peserta untuk menentukan prinsip pengelolaan dana konvensional atau syariah, minat pembiayaan, dan juga rekening bank untuk pencairan tabungan saat pensiun kelak," ujar Adi, dalam konferensi pers.

Sri Mulyani dengan Cucu

Menyoal harga properti, harga rumah yang dapat dimiliki PNS peserta aktif Tapera berkisar antara Rp112 juta hingga maksimal Rp292 juta. Lalu, di mana lokasi rumahnya?

Pada tahap pertama program KPR Tapera ini, Perum Perumnas akan menyiapkan proyek perumahan di kota Lampung dengan nama Samesta Pesawaran Residence. Rumah yang dibangun tidak sekadar murah tetapi juga berkualitas.

Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro memastikan, unit rumah yang dibangun rumah untuk segmen menengah bawah ini bakal memiliki added value yang dapat menunjang kebutuhan para penghuni sehari-hari. Misalnya, dengan membangun perumahaan berkonsep hunian TOD (Transit Oriented Development) yang terintegrasi dengan transportasi massal.

Di samping itu, perumahan akan dibuat dengan konsep hunian sistem precast agar pembangunan rumah menjadi lebih efektif dan efisien, Bunda. Kota Lampung terpilih juga bukan tanpa alasan.

Berdasarkan research internal Perum Perumnas, backlog Pulau Sumatera menduduki peringkat kedua setelah Pulau Jawa. Ini menandakan potensi market untuk segmen menegah bawah di Pulau Sumatera cukup tinggi.

Nah, terkait cara dan tahapan-tahapannya, Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Eko Ariantoro menjelaskan cara cek saldo dana Tapera melalui web https://peserta.tapera.go.id.

Bagaimana tahap-tahapnya? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, belajar kelola uang dengan gambaran hadiah Rp5 miliar hadiah kemenangan Greysia Polii & Apriyani Rahayu, yuk!

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/fia)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!