sign up SIGN UP search


moms-life

7 Jenis Tanaman Hias Calathea yang Bisa Mempercantik Ruangan Rumah Bunda

Bella Barliana Jumat, 10 Sep 2021 04:00 WIB
Tanaman hias calathea caption

Tanaman hias tak harus selalu ditempatkan di pekarangan atau area luar ruangan lain. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa Bunda letakkan di dalam rumah, lho, tapi Bunda harus benar-benar pilih jenis dapat tumbuh subur di tempat dengan cahaya yang redup.

Tanaman Calathea mungkin salah satu jenis tanaman hias yang memenuhi syarat ini, Bunda. Calathea adalah salah satu tanaman hias indoor yang populer. Calathea dikenal sebagai jenis tanaman hias dengan daunnya yang lebar, berwarna hijau, dan warna- warni. Daun lebar ini berguna untuk menyerap dan menggunakan cahaya sebanyak yang mereka bisa.

Terdapat ratusan jenis tanaman Calathea yang ditemukan di seluruh dunia. Jika tertarik merawat salah satu atau beberapa di antaranya, Bunda bisa membeli di toko- toko tanaman hias di sekitar Bunda.


Jenis tanaman Calathea yang bisa mempercantik rumah

Apa saja jenis-jenis tanaman Calathea yang bisa Bunda miliki untuk mempercantik ruangan di rumah? Dilansir dari Growfully, berikut ini adalah tujuh jenis tanaman Calathea yang bisa Bunda incar! Yuk, simak.

1. Calathea lancifolia

Jenis calathea yang satu ini dikenal juga dengan rattlesnake plant, karena keunikan motif daunnya yang seperti reptil, Bunda. Daun Calathea lancifolia memiliki tekstur bergelombang mengkilap dengan bagian atas daun didominasi warna hijau muda dan bintik-bintik hijau tua.

Banner Putri Ahok dan Puput

Tanaman calathea jenis ini diperkirakan bisa tumbuh hingga setengah meter, dan termasuk dalam tanaman hias yang berukuran besar. Kabarnya, tanaman jenis ini sjuga sangat jarang berbunga jika ditanam di dalam ruangan.

2. Calathea ornata

Daunnya yang didominasi warna hijau tua dan terdapat garis-garis tipis berwarna pink pucat, cocok untuk mempercantik ruangan di rumah Bunda, nih. Tanaman yang berasal dari Kolombia dan Ekuador ini juga disebut dengan pinstripe calathea.

Tanaman Calathea ornata diperkirakan dapat tumbuh hingga 7 cm. Tanaman hias ini sangat mudah ditanam di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia. Walaupun begitu, tetap dibutuhkan ketelatenan dalam perawatannya, ya Bunda.

3. Calathea orbifolia

Bunda, jenis tanaman calathea dengan ukuran daun terbesar jatuh pada Calathea orbifolia. Bentuk daunnya yang bulat dan berwarna hijau menyerupai bentuk kipas. Terdapat garis- garis rata yang memancar keluar dari tulang daun, menambah daya tarik bagi jenis tanaman yang satu ini.

Jika Bunda ingin menciptakan nuansa tropis dalam ruangan, pilihan ini tepat untuk Bunda gunakan. Untuk dapat tumbuh dengan baik, tanaman ini perlu berada di tempat yang teduh, lembap, serta air yang banyak.

4. Calathea musaica

Tanaman Calathea musaica atau sering disebut dengan network calathea termasuk jenis calathea yang lebih mudah perawatannya, dibandingkan dengan jenis calathea lainnya, Bunda. Tanaman jenis ini terdiri dari daun hijau muda dengan pola rumit dari garis-garis tipis yang saling menyilang.

Bentuknya yang melengkung dengan sedikit mengkilap, membuat tanaman ini cocok untuk dijadikan sebagai hiasan rumah yang unik.

Lanjut baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

7 JENIS TANAMAN CALATHEA YANG BISA MEMPERCANTIK RUMAH BUNDA, SUDAH PUNYA BUN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!