sign up SIGN UP search

moms-life

5 Cara Mudah Memangkas Tanaman Hias Agar Terlihat Cantik Bun

Juan Satya Minggu, 05 Sep 2021 04:00 WIB
Pemangkasan merupakan teknik yang tidak boleh dilewatkan saat merawat tanaman hias, Bunda. Supaya tanaman terlihat cantik, ikuti lima cara mudah memangkasnya. caption

Jakarta - Selain memberikan pupuk dan menyiram, pada saat-saat tertentu tanaman hias membutuhkan adanya pemangkasan, lho. Bunda perlu memotong daun atau cabang yang mati agar tanaman hias kesayangan tetap terlihat sehat dan rapi.

Pemangkasan pada tanaman hias juga dapat mendorong pola pertumbuhan yang lebih seimbang pada tanaman hias, Bunda. Bunda dapat melakukan pemangkasan tanaman hias pada awal musim tanamnya.

Namun khusus untuk spesies berbunga, Bunda dapat memangkasnya tepat setelah mereka selesai berbunga. Karena jika memangkasnya tepat sebelum mekar, Bunda akan membuang kuncup yang akan berubah menjadi bunga.


Namun meski butuh dipangkas, ternyata ada beberapa tanaman hias yang jarang membutuhkan adanya pemangkasan, bahkan ada yang tidak boleh dipangkas sama sekali, Bunda. Misalnya saja seperti banyak varietas tanaman anggrek yang tidak dapat dipangkas selain menghilangkan paku bunga mati.

Nah, sebelum memangkas tanaman hias, Bunda harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, ya. Bunda bisa menyiapkan alat dan bahannya sebagai berikut:

Peralatan:

  • Gunting kebun
  • Gunting dapur
  • Sarung tangan berkebun

Bahan:

  • Tanaman hias dewasa yang sudah waktunya untuk dipangkas
Banner tanaman hias pembawa hoki

Cara Memangkas Tanaman Hias

Ketika semua peralatan dan bahan sudah siap, kini saatnya Bunda bisa mulai memangkas tanaman hias. Supaya dapat rapih dan benar, ikuti yuk, lima cara memangkas tanaman hias seperti yang dilansir dari The Spruce berikut ini:

1. Perhatikan Tumbuhan

Sebelum memangkasnya, ambil langkah mundur dari tanaman hias dan lihat struktur serta bentuk dari tanaman. Bunda perlu memperhatikan apakah tanaman tersebut tumbuh kurus, terlihat lebih penuh di satu sisi, atau mengandung dedaunan yang sakit.

Bunda juga perlu periksa area potensi pertumbuhan baru, yang dikenal sebagai “tunas laten”. Tunas ini biasanya dapat tumbuh di mana daun bergabung dengan batang tanaman, Bunda.

2. Tentukan Alat Bunda

Saat memangkas tanaman hias, Bunda perlu memperhatikan alat potong yang akan digunakan. Jika cabang tanaman tebal, seperti pohon dalam ruangan, Bunda dapat memangkasnya dengan menggunakan gunting kebun.

Namun jika tanaman hias yang Bunda punya memiliki bentuk cabang yang ramping, Bunda dapat menggunakan gunting dapur untuk memberikan potongan yang lebih bersih.

Klik baca halaman selanjutnya yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



SINGKIRKAN BAGIAN MATI HINGGA CIPTAKAN POTONGAN BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!