sign up SIGN UP search


moms-life

7 Asupan untuk Jaga Vagina: Tingkatkan Libido Hingga Cegah Infeksi Berbahaya

Kinan Sabtu, 11 Sep 2021 21:45 WIB
Untuk menjaga kesehatan vagina, salah satu cara yang dapat Bunda lakukan yakni mengatur pola makan. Apa saja makanan yang baik untuk kesehatan vagina? caption

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan vagina, salah satunya dengan mengonsumsi asupan tertentu. Beberapa jenis asupan diketahui mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan vagina.

Dikutip dari Medical News Daily, pada dasarnya vagina memiliki sekresi alami, pertahanan kekebalan, dan bakteri 'baik' untuk menjaga dirinya tetap sehat. Konsumsi asupan tertentu pun dapat mencegah terjadinya infeksi.

Nah, beberapa pilihan asupan untuk menjaga kesehatan vagina di antaranya yaitu:


1. Cranberry 

Cranberry kaya akan antioksidan guna melawan bakteri yang menempel pada dinding kandung kemih. Studi menunjukkan bahwa cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih pada wanita atau kekambuhannya. 

Jika Bunda ingin mengonsumsi jus cranberry, pastikan untuk tidak menambahkan gula terlalu banyak karena justru memperparah infeksi saluran kemih.

2. Yoghurt

Sumber probiotik seperti yoghurt juga baik dikonsumsi demi vagina yang sehat. Asupan fermentasi ini membantu menyeimbangkan tingkat pH vagina dan membantu menangkal infeksi.

Kultur hidup dan aktif dalam yoghurt diketahui memberi tubuh tambahan bakteri 'baik', yang sangat membantu dalam mencegah infeksi jamur. 

Kalsium dalam yoghurt juga terbukti membantu gejala pre-menstrual syndrome (PMS) seperti kram perut.

Banner Rumah TKW BlitarRumah TKW Blitar/ Foto: HaiBunda/Mia

3. Ikan dan telur

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan dan telur membantu melancarkan aliran darah, sehingga berpotensi meningkatkan gairah seks. 

Dilansir Healthline, sebuah studi tahun 2014 juga mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 dapat mengatasi vagina kering pascamenopause.

Selain ikan dan telur, asam lemak esensial ini juga bisa didapat dari biji rami, kenari, dan masih banyak lagi.

4. Apel

Sebuah penelitian lainnya pada tahun 2014 menunjukkan bahwa wanita yang makan apel sekali sehari memiliki kehidupan seks yang lebih baik. Salah satu fitoestrogen phloridzin yang ditemukan dalam apel dianggap mampu meningkatkan fungsi seksual, gairah, pelumasan vagina, dan kemampuan untuk orgasme.

5. Alpukat 

Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin B6, dan kalium, yang semuanya memiliki efek positif pada libido. Maka dari itu, konsumsi alpukat pun dipercaya mampu meningkatkan pelumasan dan kadar estrogen, serta memperkuat dinding vagina.

Apa lagi ya asupan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan vagina? Yuk intip di halaman selanjutnya, Bunda!

Hindari ya Bunda, 7 kebiasaan ini ternyata mampu turunkan performa seks lho.

[Gambas:Video Haibunda]



SAYURAN HIJAU DAN UBI JALAR UNTUK JAGA KESEHATAN VAGINA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!