sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tipe Keluarga Dilihat dari Kebutuhan Tabungan, Bunda Termasuk yang Mana?

Mutiara Putri Kamis, 09 Sep 2021 15:30 WIB
Happy young married couple sit on couch calculate expenses use easy online banking service at home, smiling millennial husband and wife count taxes house expenditures pay bills on internet caption
Jakarta -

Sebelum memutuskan untuk menikah, biasanya Bunda sudah menyiapkan berbagai macam tabungan yang sudah disisihkan dari pendapatan sebelumnya, ya? Namun, ada beberapa suami yang menginginkan istrinya tidak bekerja dan mengurus rumah tangga, Bunda.

Saat hal ini terjadi, kemungkinan Bunda akan melepaskan pekerjaan sehingga tak punya pemasukan tetap. Bunda hanya akan mendapatkan pemasukan dari uang belanja yang diberikan oleh suami.

Kalau sudah seperti ini, apakah Bunda tetap perlu punya tabungan sendiri atau tabungan pribadi? Nyatanya, segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan bergantung pada kondisi rumah tangga Bunda, nih.


Menurut seorang Financial Planner, Annisa Steviani, keperluan Bunda akanĀ tabungan sendiri atau tabungan pribadi tergantung pada kondisi dan komunikasi bersama pasangan, lho.

Banner Putri Ahok dan Puput

"Jawabanku selalu tergantung. Tergantung kondisi komunikasi pernikahan kamu. Tergantung kondisi kamu dengan pasangan kamu," katanya dilihat dari kanal YouTube Annisa Steviani pada Rabu (8/9/2021).

Tak hanya itu, Bunda. Annisa pun membagikan kondisi-kondisi pernikahan ke dalam beberapa tipe. Dari tipe-tipe tersebut, Bunda bisa tahu haruskah memiliki tabungan pribadi atau tidak.

Tipe rumah tangga yang perlu tabungan

Bunda penasaran dengan tipe-tipe rumah tangga yang dimaksud? Jangan khawatir, ya. Wanita yang akrab disapa Ica ini juga turut membagikan penjelasannya, lho. Berikut ini tipe-tipenya dilansir dari kanal YouTube yang sama.

1. Pasangan yang terbuka soal keuangan

Pada tipe ini, posisi Bunda sebagai ibu rumah tangga dan suami yang bekerja sangat terbuka tentang keuangan, Bunda. Tak hanya itu, Bunda dan suami juga bisa mengakses serta tahu tentang rekening masing-masing.

"Jadi kalaupun ketemu kondisi darurat, kamu tahu bagaimana caranya mengakses rekening si dana darurat," katanya.

Meski begitu, Ica mengatakan Bunda yang berada dalam tipe pasangan ini tak butuh dana darurat, lho. Hal ini karena Bunda menjalani kehidupanĀ rumah tangga secara bersama-sama.

"Misalnya istrinya full jadi manajer keuangan keluarga, kamu jadi bisa akses kapan saja si rekening ini," jelasnya.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tipe keluarga lainnya yuk, Bunda.

Bunda, jangan lupa lihat video aplikasi memasak yang bisa hasilkan uang berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BELUM TERBUKA HINGGA TERBUKA TAPI KURANG PERCAYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!